• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Pekanbaru

ini Dia Cara Mengasah Kecerdasan Otak Anak

Kamis, 22 Desember 2011 14:50 WIB
ini Dia Cara Mengasah Kecerdasan Otak Anak
internet
Perdebatan yang panjang menyatakan bahwa kecerdasan adalah warisan yang diperoleh bayi karena orangtuanya cerdas. Namun, tekanan orangtua untuk membesarkan bayinya menjadi cerdas memang luar biasa. Tanggung jawab orangtua tidak terbatas. Setiap orang menginginkan yang terbaik untuk anak mereka, sekarang, dan kehidupan di masa datang.

Apakah mungkin mengasah kecerdasan anak pada tahap awal hingga menjadi genius di kemudian hari? Ya! Semua dimulai dari orangtua. Dua tahun pertama kelahirannya, bayi dibuat siap untuk asupan pengetahuan.

Berikut ini tipsnya.

* Mulai dari awal.
Mulailah awal pada saat perkembangan otak bayi. Ini berarti bahkan sebelum lahir. Bangun otak bayi ketika ia masih janin. Mulailah membacakan cerita untuk janin Anda. Hindari zat seperti alkohol, obat-obatan, merokok, timbal, dan merkuri yang berbahaya bagi perkembangan otak bayi. Penuhi gizi yang cukup untuk perkembangan otak bayi seperti asam folat dan minyak ikan. Minumlah obat-obatan yang hanya dianjurkan dari konsultasi dengan dokter kandungan.

* Menyusui itu penting.
ASI mengandung nutrisi yang tak terhitung jumlahnya yang penting bagi pertumbuhan bayi. Salah satu unsur penting disebut asam docosahexaenoic (DHA), yang merupakan asam lemak esensial yang penting bagi perkembangan otak. DHA bertanggung jawab 40 - 50% dari berat otak yang diukur dalam neuron dan membran. Banyak perusahaan makanan yang meniru bahan ini di laboratorium dan menambahkannya ke makanan bayi. Namun, DHA alami tetap ada dalam ASI.

* Bacakan cerita untuk bayi.
Pada awalnya, bayi mungkin tidak akan mengerti apa yang dibacakan. Namun, dengan dibacakan secara terus menerus membantu mereka untuk mendengar, mengenali kata-kata dan artinya. Proses ini penting dalam membantu pembicaraan mereka dan membangun kosa kata.

* Belikan mainan cerdas.

Mainan berperan penting dalam perkemabngan otak bayi. Namun, begitu banyak perusahaan mainan yang mengklaim bahwa produksi mereka yang terbaik untuk bayi  dan ini membuat kita bingung. Kuncinya adalah pilihlah mainan sesuai tahap perkembangan biologis bayi. Bisa juga dengan permainan sederhana. Gunakan imajinasi untuk membantu membangun koordinasi mata-tangan bayi.
    
* Permainan isyarat dengan bayi.  
Buat bayi kita mempelajari tanda-tanda dimulai dari umur 4 bulan. Penelitian menunjukkan, menggunakan bahasa isyarat meningkatkan bahasa lisan serta IQ yang lebih tinggi.

* Memperkenalkan bahasa asing.
Pada usia yang tepat, perkenalkan anak ke suara dan tata bahasa dari bahasa asing. Putar VCD bahasa asing untuk meningkatkan kosa kata anak. Jika ada anggota keluarga yang fasih berbahasa asing, jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan mereka.

* Kontak fisik yang lebih.
Menyentuh bayi sangat penting untuk pertumbuhan emosional mereka. Belai kepala bayi, tungkai, dan tubuh mereka juga membuat koneksi neurologis yang penting untuk perkembangan otak. Ini juga membantu memperkuat ikatan batin dengan bayi Anda.

Kunci utama untuk meningkatkan kecerdasan bayi adalah mengetahui bahwa otak manusia ingin bertahan hidup dan terhubung dengan orang lain. Pastikan bayi merasa aman, dicintai, serta  terlindungi, dan bayi Anda pun tumbuh dengan kecerdasannya.(*)

Editor: zid
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas