• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

Dua Kali Kalah, Berseri Tetap Tak Terima Hasil PSU

Selasa, 27 Desember 2011 12:34 WIB
Dua Kali Kalah, Berseri Tetap Tak Terima Hasil PSU
Dokumentasi
kedua pasangan calon Walikota Pekanbaru
Pekanbaru, Tribunpekanbaru.com-Hasil penghitungan sementara Pemilihan Suara Ulang (PSU) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru, kubu Firdaus dan Ayat (PAS) yang diusung Partai Demokrat unggul.
 
Namun kemenangan itu belum diakui kubu Septina Primawati dan pasanganya, Erizal Muluk. Septina merupakan istri Gubernur Riau.

Hal itu disampaikan juru bicara dari tim sukses pasangan Septina dan Erizal (Berseri) Abubakar Sidiq. Pihak Berseri menyatakan seharusnya kubu Firdaus dan Ayat (PAS) didiskualifikasi.

“KPU (Komisi Pemilihan Umum) menyatakan kubu PAS tidak memenuhi syarat. Karena mereka telah melakukan pembohongan publik sewaktu pendaftaran, tetapi mengapa mereka bisa ikut?” kata Abubakar, Senin (26/12/2012).

Kubu Berseri tetap ngotot atas kasus salah satu pasangan dari PAS yakni Firdaus MT, yang telah ditetapkan tersangka dalam kasus pemalsuan identitas sewaktu mendaftar ke KPU, tidak mencantumkan istri keduanya.

“Kasusnya (Firdaus) kan sebentar lagi akan disidangkan. Ini bagaimana hukum di negara ini. KPU menyatakan dia tidak memenuhi syarat, namun satu sisi MK (Mahkamah Konstitusi) tetap memerintahkan tetap dilanjutkan PSU-nya. Ini kan aneh,” kata Abubakar lagi.

Apakah kubu Berseri tetap tidak mengakui atas hasil sementara perolehan suara yang menyatakan kekalahan atas di pihaknya? “Bagaimana kita mau mengakui, sudah jelas mereka tidak memenuhi syarat kok bisa maju. Ibaratnya, mereka tidak lulus SMP kok sudah daftar ke SMA, seperti itulah,” tambah anggota DPRD Riau ini.

Namun mereka menghargai atas pilihan rakyat. “Kami hormati apa yang sudah dipilih rakyat,” ucapnya.

Sebelumnya pada 21 Mei 2011 lalu kubu Septina dan Erizal kalah dalam perolehan suara Pemilukada Kota Pekanbaru. Namun kubu Berseri ini tidak mau menerima hasil yang telah ditetapkan KPU itu.

Tim Berseri menyatakan banyak pelanggaran dan kecurangan yang dilakukan kubu PAS. Mereka pun mengajukan gugatan ke MK. Hasilnya, gugatan itu diterima dan MK menyatakan PSU.

Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 12 kecamatan menyatakan hasil sementara bahwa pasangan nomor urut 1 Firdaus dan Ayat memperoleh suara 153.786 atau 61,747 persen.

Sedangkan pasangan Septina Primawati dan Erizal Muluk memperoleh 95.271 suara atau 38,253 persen. Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota berjumlah 536.113 suara. Ini artinya lebih dari 50 persen warga Kota Pekanbaru tidak menggunakan hak pilihnya.(okz)
Editor: zid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
16432 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas