Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Pekanbaru

LPKI Gelar Penyuluhan Pada Masyarakat

Senin, 16 Januari 2012 15:56 WIB

Laporan Joseph Ginting

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU
-Lembaga Penyuluhan Kanker Indonesia (LPKI) Provinsi Riau, kembali menggelar kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pencegahan dan deteksi dini penyakit Tumor dan Kanker.

Bertempat di Perumahan Anggrek Mas, Minggu (15/01) pukul 09.00-11.00 WIB, LPKI memberikan peyuluhan kepada sekitar 50 peserta dari berbagai usia.

Pada kegiatan yang di buka oleh ketua RT O6 Agus Salim Rani, LPKI membawa serta health consultan, dr Anggri Murtia serta tiga anggota  tim LPKI yakni, M Arief Indrawan, Syaiful Anwar dan Rudi Suharto.

Arief, kepada Tribunpekanbaru.com, Senin (16/1 01) mengatakan, pada kegiatan itu, LPKI memberikan materi mengenai kanker serviks (leher rahim), kanker payudara, kanker prostat dan praktek senam SADARI

Ia mengatakan, semakin cepat kanker di temukan, maka harapan hidup seseorang akan semakin besar karena masih memiliki kesempatan untuk di sembuhkan.

"sehat itu sebetulnya murah yang mahal justru kalau seseorang  sudah sakit karena perlu biaya yang sangat besar untuk kesembuhan," ujarnya.

Untuk itu, ia memberikan tips kepada untuk menghindari kanker, yakni pola hidup sehat yang seimbang, hindari atau minimal kurangin makanan yang mengandung zat karsinogen, hindari merokok (Perokok pasif lebih berbahaya dari perokok aktif, hindari minuman beralkohol, hindari siar matahari langsung di antara pukul 10.00 WIB pagi sampai jam 15 00 WIB, perbanyak makanan yang berserat dan makanan yang mengandung betakaroten untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita dan lakukan pemeriksaan rutin senam Sadari seminggu setelah selesai masa haid, pemeriksaan mamografi dan pap smear secara rutin berkala minimal 2 tahun sekali.

Selain memberikan tips menghindari gejala kanker, pada kesempatan tersebut, LPKI juga memberikan informasi kepada warga yang terdiri dari ibu-ibu, remaja dan juga bapak-bapak yang menghadiri kegiatan di ruang terbuka tersebut tentang gejala kanker serviks. Gejalanya yakni, pendarahan yang abnormal, keputihan yang abnormal, rasa sakit atau nyeri di sekitar rahim. Selain itu mereka juga mengajurkan agar wanita yang sudah berumah tangga lebih dari 10 tahun untuk rutin melakukan pemeriksaan pap smear minimal 2 tahun sekali guna mengetahui ada atau tidaknya indikasi terkena kanker.

Lanjutnya, tim LPKI juga memberikan saran kepada peserta agara menghindari pemicu-pemicu penyebab kanker, menjaga pola makan yang sehat, memperbanyak konsumsi sayuran dan buah - buahan yang mengandung Betakaroten untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta rajin berolah raga.

Tambahnya, LPKI akan kembali menjadwalkan kegiatan yang sama I'd termbat ini, karena tingginya minat dan keinginan tahuan warga yang belum sempat menghadiri kegiatan ini.(*)
Editor: zid

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas