Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Pekanbaru

Pekanbaru Akan Dihadiri Kue Bulan Raksasa

Jumat, 28 September 2012 15:57 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU  - Hari ini, Sabtu (29/9), ribuan warga Tionghoa Pekanbaru kembali akan mengadakan perayaan Festival Kue Bulan atau Zhong Qiu.  Tahun 2012 ini festival akan diisi berbagai acara menarik seperti pawai lampion yang diiringi barongsai, tari naga dan marching band.

Acara dihiasi aneka lampion, mulai dari lampion naga yang besar dibawa dengan mobil hias sampai lampion kecil yang dijinjing setiap peserta pawai. Menurut ketua Panitia, Katijo, pawai akan dimulai pukul 17.00, bergerak mulai dari Kampung Tionghoa Melayu di Jalan Karet atau Jalan dr Lemeina.

Arak-arakan lalu menelusuri Jalan Ir Juanda, Jalan Jendral Sudirman, Jalan M Yamin, Jalan A Yani dan kembali ke Jalan Karet melalui Jalan Ir Juanda. Usai pawai, acara dilanjutkan dengan panggung hiburan dan bazaar aneka makanan dan minuman. Artis lokal akan menghibur penonton sambil menikmati indahnya bulan purnama Zhong Qiu Jie.

Perayaan Zhong Qiu Pekanbaru tahun ini akan menampilkan Kue Bulan (Moon Cake) raksasa yang digarap oleh perusahaan bakery lokal Vanhollano. Konon diameternya akan melebihi Kue Bulan Rekor MURI. Direktur MURI Sutikno Susilo pada tahun 2009 pernah memberi piagam penghargaan sebagai kue bulan terbesar dengan diameter 1,2 meter dan berat 500 kg.

Menurut Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau, Peng Suyoto, festival kue bulan merupakan salah satu perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Selalu dirayakan masyarakat Tionghoa setiap tanggal 15 bulan 08 penanggalan imlek.(*)
Penulis: Ariestia
Editor: zid

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas