• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

Hari Ini Terakhir Perpanjangan Waktu

Rabu, 7 November 2012 20:05 WIB
TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Hari ini, Rabu (7/11), merupakan hari terakhir perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secara gratis kepada masyarakat. Masa perekaman itu sebelumnya, telah diperpajang selama sepekan dari 31 Oktober 2012 lalu.

"Untuk itu, besok pagi (hari ini) kita akan berangkat ke Jakarta dan mengikuti pertemuan dengan Kemendagri untuk kembali membahas persoalan e-KTP ini," jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Kadis Dukcapil) Pelalawan, Syafrudin kepada Tribun, Selasa (6/11).

Ia menjelaskan dalam pertemuan dengan Kemendagri akan diumumkan data pasti perolehan rekaman e-KTP setiap daerah seluruh Indonesia. Kemudian, keputusan terkait berakhirnya waktu perekaman secara gratis kepada masyarakat, apakah akan diperpanjang kembali atau malah perekaman berbayar akan diberlakukan.

Namun, Syafrudin berharap perekaman gratis ditambah waktunya untuk kedua kali guna membantu warga belum terdata khususnya wilayah sulit dijangkau. Berdasarkan data Disdukcapil, perekaman e-KTP di Pelalawan 75,02 persen atau 147.518 jiwa dari jumlah penduduk.

Jumlah itu sesuai dengan data masuk dari tiap-tiap kecamatan. Padahal, target perekaman  masyarakat untuk KTP jenis baru ini 196.601 jiwa. Selebihnya, ada sekitar 49.172 jiwa warga Pelalawan belum tersentuh perangkat lunak perekam retina maya, sidik jari hingga foto diri.

"Kita tetap mengimbau petugas di lapangn serta pemerintah kecamatan untuk mensosialisaikan dan melakukan pendekatan kepada warga untuk mendaftar diri dalam e-KTP. Nanti 31 Desember, kita akan melakukan verifikasi secara keseluruhan dan jumlah penduduk Pelalawan," ungkapnya.
Penulis: johanes
Editor: zulham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
52203 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas