A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Gaji Guru Bantu Riau Bakal Naik - Tribun Pekanbaru
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 21 Agustus 2014
Tribun Pekanbaru

Gaji Guru Bantu Riau Bakal Naik

Selasa, 27 November 2012 09:30 WIB
Gaji Guru Bantu Riau Bakal Naik
net
Ilustrasi
Laporan: Hendra Efivanias

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU
- Kabar menggembirakan bagi guru bantu dibawah Pemerintah Provinsi Riau dihembuskan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau. Dimana, mulai tahun 2013 mendatang, gaji bagi para pendidik tersebut berkemungkinan besar naik.Tahun depan, gaji guru bantu diperkirakan naik menjadi Rp 1.200.000.

Hal ini sesuai dengan draft Peraturan Gubernur (Pergub) Riau. Jika sudah ditandatangani gubernur maka aturan tersebut sudah bisa diberlakukan. Tapi untuk sementara, draft pun bisa dijadikan acuan penyusunan anggaran tahun 2013.

Menurut Kasubag Hukum dan Kepegawaian Disdik Provinsi Riau, Hendra Hadisuarno SSos kepada Tribun, Senin (26/11), sebenarnya usulan kenaikan yaitu Rp 1.250.000. Tapi dalam draft yang dibuat pemprov, kenaikan gaji yang disetujui hanya Rp 1.200.000. Meski demikian, Hendra memungkinkan jumlah ini berubah karena Pergub-nya masih dalam bentuk draft.

Tak hanya itu, jumlah dana yang diterima guru bantu provinsi juga tidak semata yang dianggarkan pemprov. Karena, berdasarkan kesepakatan awal, pemerintah kabupaten/kota juga diminta menganggarkan dana sharing dengan mengacu pada jumlah gaji guru bantu rekrutan daerah masing-masing. "Misalnya jika di suatu kabupaten gaji guru bantu Rp 1.500.000, maka mereka juga harus membayarkan selisih jumlahnya untuk guru bantu provinsi," paparnya. Dengan demikian, tidak ada pembedaan antara guru bantu rekrutan kabupaten/kota dengan provinsi.

Diterangkan dia, sampai saat ini jumlah total guru bantu provinsi di Riau mencapai 5.892 orang. Paling banyak adalah guru tingkat SD/MI yaitu, 2.745 orang. Selanjutnya guru bantu SMP/MTs sebanyak 1.594 orang, SMK 622 orang, SMA/MA 606 orang, Taman Kanak-kanak 278 orang dan Sekolah Luar Biasa 47 orang.

Jumlah guru bantu di tiap kabupaten/kota juga tak sama. Berdasarkan data Disdik, guru bantu provinsi paling banyak ada di Kabupaten Kampar, yaitu mencapai 909 orang. Diikuti Kuantan Singingi yang mencapai 714 orang, Indragiri Hilir 670 orang dan Pekanbaru 601 orang.

Sementara itu, di Kabupaten Indragiri Hulu ada 541 orang, Rokan Hulu 539 orang, Dumai 462 orang, Pelalawan 439 orang, Bengkalis 427 orang, Siak 321 orang, Rohil 171 orang dan Kepulauan Meranti 98 orang.

Untuk sementara, guru bantu tersebut masih menerima gaji lama yaitu, Rp 1.100.000 per bulan. Khusus gaji bulan November akan dibayarkan di awal Desember nanti. Sementara, untuk gaji Desember dibayarkan pertengahan bulan.

Diterangkan Hendra, sistem pembayaran gaji guru bantu provinsi memang tak sama dengan pegawai negeri sipil. Karena mereka baru menerima gajinya setelah bekerja. Nantinya, pembayaran gaji dikirimkan provinsi lewat rekening Disdik kabupaten/kota. Selanjutnya, guru yang bersangkutan menjemput ke Disdik. "Tapi ada juga yang di UPTD tergantung kondisi daerah," ungkapnya. (*)
Penulis: Hendra Eifivanias
Editor: zid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
60804 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas