A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Bukti Eksistensi MPV Suzuki di Pasar Nasional - Tribun Pekanbaru
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribun Pekanbaru

Bukti Eksistensi MPV Suzuki di Pasar Nasional

Minggu, 13 Januari 2013 19:36 WIB
Bukti Eksistensi MPV Suzuki di Pasar Nasional
Tribun Pekanbaru/Kasri
PENJUALAN - Konsumen tengah melihat-lihat mobil MPV Suzuki ERTIGA di Main Dealer PT Buana Mobil Sentral Prada, Jl Soekarno-Hatta, No 34-44, Pekanbaru. Penjualan ERTIGA di Pekanbaru optimis bisa ditingkatkan pada 2013 ini.
Laporan Kasri
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU
- Gegap gempita program nasional Pesta Semarak ERTIGA PT Suzuki Indomobil Sales (SIS),  juga terasa sampai di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Kota Bertuah Pekanbaru, adalah rangkaian terakhir Pesta ERTIGA, yang berlangsung serentak bersama Kota Banjarmasin. Di Pekanbaru, acara berpusat di areal Gelanggang Olahraga Remaja Provinsi Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru, Sabtu, 22 Desember 2012.

Pesta serupa telah sukses di kota lainnya, masing-masing Makassar, Lampung, Palembang, Jakarta, Surabaya, Jambi, Medan. Kemudian Bandung, Samarinda, Padang, Bali, Semarang, Jogjakarta dan terakhir di Pekanbaru dan Banjarmasin. Semuanya berlangsung semarak dan sukses. Bahkan di Jakarta ada pemecahan rekor dunia dan MURI. Wow kren.

Di Pekanbaru, acara yang berlangsung satu harian dan dikemas dalam bentuk gathering, juga tak kalah semarak dan suksesnya. Ribuan warga, baik konsumen maupun masyarakat umum ikut berduyun-duyun ke lokasi acara, kendati dalam suasana gerimis.

Sedikitnya ada sekitar 250 unit Suzuki Ertiga ambil bagian. Memang beragam acara menghiasi hari tersebut, di antaranya lomba irit bahan bakar, fun touring berhadiah, serta pengukuhan klub Ertigamania. Kemudian untuk masyarakat umum disediakan fasilitas test drive dan sejumlah kegiatan lainnya.

Acara Pesta ERTIGA di Pekanbaru, langsung dilepas Branch Manager PT Buanamobil Sentral Trada (BST) Pekanbaru, Arief Perwira Kesuma, yang ditandai dengan pengibaran bendera start. Turut hadir Sales Manager PT BST Pekanbaru Ronald S.

Rute yang dilintasi dengan tertib dimulai dari Gelanggang Remaja Pekanbaru, berlanjut ke Jalan Tuanku Tambusai, Jalan SM Amin, Jalan HR Soebrantas, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Kaharuddin Nasution.

Kemudian masuk kembali ke Jalan Sudirman dan berputar di Pelita Pantai dan berlanjut Jalan Hang Tuah, Jalan Diponegoro, Jalan Pattimura dan kembali menyusuri Jalan Sudirman, Jalan Kaharuddin Nasution, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Arifin Achmad dan kembali masuk areal Gelanggang Remaja Jalan Sudirman Pekanbaru.

Konvoi yang berlangsung tertib, menjadi tontonan warga yang berpapasan dengan rombongan MPV Suzuki ERTIGA. ERTIGA hari itu betul-betul `tebar pesona' di tengah-tengah ramainya pengguna sejumlah ruas jalan protokol di Pekanbaru.
 
"Acaranya ramai banget dan seru. Tadi ikut konvoi juga. Kemudian sambil rehat dan menikmati hiburan, sempat tanya-tanya juga soal kelebihan mobil Suzuki Ertiga," ujar Lia Santika, seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Pekanbaru.  

Ia mengaku memang sudah punya mobil MPV merk lain. Tapi ia penasaran dengan mobil MPV keluaran terbaru Suzuki tersebut. "Bilang tetangga bagus. Pengen tau aja dulu. Mana tahu satu saat nanti berminat ingin tukar (mobil)," ujarnya yang datang bersama tetangganya sudah memiliki mobil ERTIGA.

Acara yang difasilitasi PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia melalui autorized dealer Suzuki Riau PT Buanamobil Sentral Trada (BST) itu, juga dihibur artis Vicky Shu. Maka tak heran, masyarakat yang hadir terlihat sangat terhibur.

Peserta juga dimanjakan dengan berbagai hadiah menarik sehingga acara semakin semarak. Di antaranya satu unit mobil Suzuki Ertiga tipe GA, motor Suzuki Nex, TV LED, dan tur ke Universal Studio Singapura.

Branch Manager PT BST Suzuki Riau, Arief Perwira membenarkan Pesta Semarak ERTIGA di Pekanbaru, adalah acara terakhir dari rangkaian acara serupa yang telah berlangsung sukses di kota lainnya.

"Syukur acaranya juga berlangsung sukses di Pekanbaru. Masyarakat saya lihat antusias mengikuti rangkaian acara. Bahkan mereka yang datang tidak hanya kalangan pengguna ERTIGA, tapi juga banyak konsumen inden dan masyarakat umum," ujarnya.

Ia berharap konsumen dan calon konsumen dapat merasakan berbagai kelebihan ERTIGA, di antaranya irit, ramah lingkungan, lebih aman dan nyaman di kelasnya. "ERTIGA juga terbukti anti bising," tambahnya.  

Eksistensi ERTIGA
Suksesnya acara Semarak Pesta Ertiga di 15 kota di Indonesia, termasuk di Pekanbaru, sebagai bukti eksistensi ERTIGA di pasar nasional. Semua titik acara berlangsung semarak dengan dibanjiri ribuan masyarakat. Berbagai rangkaian acara juga berlangsung sukses.

Bahkan saat helatan pesta ERTIGA di Jakarta, 24 November 2012 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang mengadakan konvoi mobil Suzuki ERTIGA oleh para pengguna dan konsumennya yang berada di wilayah Jabodetabek, sukses memecahkan rekor dunia dan MURI.

Total peserta kendaraan ERTIGA kala itu yang masuk ke garis finish sebanyak 2.379 unit. Penghargaan ini langsung diserahkan Jaya Suprana dari pihak MURI kepada manajemen PT SIS di Jakarta.

Suzuki ERTIGA juga dinilai mampu menjadi penopang dan andalan penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) lainnya, menyusul tingginya permintaan dari konsumen di pasar dalam negeri.

Fakta ini sudah bisa menjadi tolak ukur eksistensi ERTIGA yang sudah mampu bersaing dan berpotensi bisa merajai pasar nasional MPV tanah air.

Sambutan Masyarakat
Lia Santika termasuk pengunjung yang turut hadir dan ikut konvoi pada acara Semarak Pesta ERTIGA di Pekanbaru, Sabtu (22/12) di areal Gedung Gelanggang Olahraga Remaja Provinsi Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru.

Kehadirannya di lokasi tersebut karena ajakan tetangganya, warga Jalan Hangtuah, Pekanbaru yang sudah memiliki mobil Suzuki ERTIGA. Ia juga sudah beberapa kali menyetir sendiri mobil tersebut dan menurutnya sangat nyaman. Untuk itu ia juga berminat untuk memiliki mobil tersebut, kendati belum dalam waktu dekat ini.

"Insya Allah kalau jadi tukar mobil yang sekarang, saya mau ambil ERTIGA. Tapi masih diskusi dulu dengan orangtua. Sebab mobil yang sekarang jenis MPV juga dan rencananya memang mau tukar," kata Lia.

Lia adalah satu dari sekian banyak peminat ERTIGA di Riau dan Indonesia umumnya. Kedepan, dengan inovasi yang lebih kreatif, termasuk kreativitas marketingnya, penjualan pasti akan semakin positif. Terbukti penjualan pada 2012 sudah sangat menggebrak.

Seperti diungkapkan 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales Jakarta, Endro Nugroho saat acara Pesta ERTIGA di Pekanbaru, 22 Desember lalu. Hingga Oktober saja, penjualan Ertiga sudah tembus 28.000 unit. Kemudian sampai akhir Desember 2012, ditargetkan tembus 38.000 unit.
 
Dalam kesempatan itu juga dibeberkan, untuk segmen MPV, ERTIGA untuk pasar lokal memegang 15 persen pangsa pasar. Kemudian produksi pada September, ERTIGA memegang 19 persen marketshare. "Target kami 20 persen," katanya.

Penjualan di Riau juga sangat positif. Sejak di launcing Mei 2012 lalu di Labersa Hotel, sudah terjual sedikitnya tiga ribu unit. Data ini diungkapkan Sales main dealer PT Buana Mobil Sentral Trada, Desi. "Tiga ribu unit itu sudah jalan," ujarnya.

Terus bagaimana target 2013? Menurutnya optimis bisa melebihi penjualan 2012, menyusul eksistensi ERTIGA sangat menggembirakan. "Penjualan di Riau sangat positif dan tahun ini (2013) bisa lebih bagus dari penjualan 2012," ujarnya.

Positifnya progres penjualan, membuktikan keberadaan MPV Suzuki ERTIGA sudah dapat diterima masyarakat dalam negeri secara baik. Bahkan berpotensi merajai pasar MPV tanah air.
 
Performa dan Kelebihan
Muhammad Fadil Nugroho mengaku enjoy mengendarai ERTIGA. Orangtuanya baru saja membeli mobil tersebut di main dealer Pekanbaru. Kemudian saat pergantian tahun kemarin, ia mengendarai mobil tersebut dengan tujuan Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Mobilnya nyaman dan tidak berisik. Kemudian ERTIGA juga menggunakan penggerak roda depan. Terlebih lagi bahan bakar lebih irit," ujar Fadil sambil mengeluarkan brosur yang berisikan berbagai kelebihan ERTIGA hingga akhirnya menjadi pertimbangan orangtuanya membeli mobil ERTIGA.

Ada beberapa keunggulan dari Suzuki ERTIGA yang menguatkan orangtuanya membeli mobil tersebut, di antaranya konfigurasi penggerak FF, karakter mesin K14B fun ketika cruising, rasio transmisi cukup panjang, level ergonomis kabin yang cukup baik dan praktis.

Kemudian pantauan sisi pengemudi baik, standar keamanan dan keselamatan berkendara juga cukup baik, air condisioner mantap, stabilitas dan kinerja suspensi kendaraan juga cukup baik dan beberapa pertimbangan lainnya.  

"Pokoknya tidak rugilah memiliki ERTIGA. Jalan ke Sumbar itu kan banyak belok-beloknya, jadi kalau kita bermanuver dalam kecepatan tinggi, saya rasakan tetap stabil. Sehingga kami semua di dalam tetap nyaman dari segala kondisi medan jalan," bebernya.

Ketertarikan orangtua Fadil terhadap ERTIGA saat ikut menghadiri peluncuran MPV ERTIGA di Labers Hotel, Mei 2012 lalu. Saat itu hadir General Manager PT SIS, Joko Utomo dan Automobile Marketing Managing Director PT SIS, Seiji Itayama. Dalam pemaparannya, Joko Utomo  memang banyak mengupas soal performa ERTIGA sebagai produk terbaru Suzuki.

Menurutnya performa ERTIGA memang di pelajari dan didesain dengan mengadopsi eksterior yang modern dan stylish sehingga pengendara di dalamnya bisa serasa di sedan.

Joko Utomo menyebutkan, ERTIGA adalah mobil dengan tiga baris tempat duduk. Barisan kedua dinamis karena bisa ditarik maju-mundur sehingga semua penumpang akan merasa nyaman.

Untuk menghasilkan senyaman sedan itu, ERTIGA berplatform Suzuki New Swift dengan chassis Monocoque. Dilengkapi dengan Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang, Torsion beam with Coil Spring.

Kedua suspensi ini mampu meredam getaran secara signifikan, sehingga tetap nyaman di jalan aspal dan tidak beraspal. Pengendalian kemudi pun lebih dinamis, tetap stabil meski bermanuver dalam kecepatan tinggi. Sehingga pengemudi dan penumpang merasa nyaman pada segala kondisi medan jalan.

Kenyamanan ERTIGA lebih lengkap dengan fitur Front Wheel Drive (Penggerak roda depan). Keunggulannya adalah untuk menggerakan roda tidak perlu melalui propeler shaft sehingga akselerasi lebih responsif, konsumsi bahan bakar lebih irit, space floor ERTIGA menjadi lebih lega, tidak mudah slip dijalan yang licin  dan sejumlah kelebihan lainnya.  

Selamat kepada yang sudah memiliki mobil MPV Suzuki ERTIGA dan tunggu apalagi kepada yang berminat. Hubungi dealer-dealer terdekat Anda. (*)
Penulis: kasri
Editor: harismanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas