• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

Kamera Belakang Mobil Menambah Aman Kendaraan

Senin, 21 Januari 2013 08:59 WIB
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Kenyamanan dan keamanan tentunya sudah menjadi faktor yang paling jadi perhatian para pemilik mobil. Terutama dalam pemikiran aksesoris yang akan dipasang. Tak hanya berfungsi sebagai item untuk mempercantik kendaraan, pemasangan aksesoris juga disesuaikan dengan fungsinya.

Misalnya saja dengan memasang sensor parking pada mobil. Sensor parkir memang dipasang buat memberi peringatan akan hadirnya benda penghalang di belakang mobil. Untuk beberapa mobil, sensor parkir memang sudah menjadi bawaan kendaraannya.

Selain sensor parking, piranti lain yang  kerap diaplikasikan untuk fungsi yang sama adalah dengan memasang kamera pada bagian belakang mobil. Kamera ini sangat membantu saat parkir apalagi ketika tidak didampingi pemandu dan juga memantau bagian belakang dari mobil.

“Saya pasang kamera mundur biar lebih focus saja melihat ke belakang, baik itu saat parkir ataupun sekedar memantau keadaan belakang. Biar lebih safety saja, “ungkap Mawardi Alfitras.

Wardi begitu ia akrab disapa mengatakan memakai kamera mundur ini membuatnya memiliki sudut pandang yang luas saat memantau bagian belakang mobil. Ia cukup memantaunya melalui layar monitor yang dipasangnya pada kaca spion bagian tengah dalam mobil.

“Bagi saya lebih maksimal dan focus pakai kamera ini dibandingkan dengan sensor parkir. Di sistem juga nanti terlihat berapa jarak panduan kita di belakang. Semua bisa dilihat melalui monitor LCDnya,”jelasnya.

Layar atau monitor yang digunakan juga tidak hanya berfungsi sebagai layar untuk mengamat saat parkir atau mundur. Juga bisa dimanfaatkan untuk menonton hiburan saat berada dalam mobil. Sistem kerja kamera ini pun tidak sulit. Konsepnya, ketika tuas gigi mundur masuk ke posisinya, kamera mesti langsung bekerja.

“Kalau saya dulu belinya terpisah dulu antara kamera dengan LCDnya. Awalnya pasang LCD buat nonton anak-anak di mobil. Tapi karena pasang di depan agak terganggu konsentrasi mengemudi akhirnya tambah LCD satu lagi dibelakang khusus untuk nonton dan LCD bagian depan dihubungkan dengan kamera mundur,”jelas Ketua IKC Pekanbaru ini.

Tidak hanya diaplikasikan oleh Wardi. Kamera mundur ini juga dipasang oleh Ilga Maria pada mobilnya. Ia memasang alat ini untuk kenyamanan dan keamanan saat mengendarai mobil. Apalagi kamera ini berfungi untuk mengetahui kondisi di belakang dan juga memudahkan saat parkir mundur.

Kamera ini dihubungkan dengan monitor yang ada  di bagian depan.
Kamera mundur tersebut dipasang pada bagian belakang mobil dan dihubungkan melalui monitor yang berada di depan. Adanya panduan jarak saat memundurkan kendaraan yang terlihat pada monitor juga sangat membantunya.  

“Yang pasti pasang untuk keamanan. Terutama saat mundur atau parkir.”tuturnya beberapa waktu lalu. (*)
Penulis: sesri
Editor: zid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
86534 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas