• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

Dispora Bangun Lapangan Pemanasan Untuk Atlet Senam ISG

Selasa, 22 Januari 2013 12:11 WIB
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harapan semua peserta cabor senam, terkait ketersediaan lapangan pemanasan sebelum pertandingan pada Islamic Solidarity Games (ISG) III nanti, nampaknya bakal terwujud. Pemerintah Provinsi Riau melalui Dispora Riau sudah menganggarkan dana untuk pembangunan lapangan pemanasan tersebut, dari APBD Riau tahun 2013.

Dari Rp 80 miliar yang dianggarkan, dana yang disiapkan untuk membangun lapangan pemanasan tersebut, sekitar Rp 1 miliar lebih. Lapangan yang akan dibangun tersebut, hanya berupa semi permanen. Dengan demikian, untuk venue senam ISG yang berada di lokasi Sport Centre Rumbai, dipastikan tidak ada masalah.

"Memang mereka (Panpel Persani) minta dibangun permanen. Tapi yang kita sediakan hanya semi permanen saja. Yang jelas, lapangan pemanasan tersebut dipastikan sangat repsentatif lah," papar PPTK Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Riau, Khairul Rizal, Senin (21/1) kepada Tribun.

Pembangunan lapangan pemanasan tersebut, katanya, akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Bangunan lapangan itu akan didirikan tepat di sekitar venue senam. "Kita lihat di mana yang cocok, di samping atau di belakang (venue). Yang jelas, bersebelahan lah," terangnya.

Pembangunan lapangan pemanasan tersebut, berdasarkan masukan panitia ISG Pusat dalam kunjungannya ke venue tersebut belum lama ini. Bahkan tim yang dikomandoi Joko Pramono tersebut, menilai pembangunan lapangan pemanasan tersebut memang perlu direalisasikan.

Apalagi negara-negara peserta ISG, sangat membutuhkan itu, sebagai syarat standarisasi internasional. Sementara untuk standarisasi venue senam sendiri secara spesifik GOR Senam Rumbai sudah bisa digunakan untuk pertandingan internasional. Namun tim pusat menyarankan, agar dibuatkan panggung di arena pertandingan.

Tujuannya, agar gerakan semua atlet saat tampil lebih nyata terlihat, sehingga lebih mudah melakukan penilaian. Pada PON XVIII kemarin, panggung pertandingan hampir sama rata dengan lantai gedung.

Seperti diketahui, GOR senam di Sport Centre Rumbai sudah beberapa kali dimanfaatkan untuk event nasional. Terakhir digunakan pada Popnas 2011 dan PON XVIII kemarin. Cabor senam di ISG nanti, hanya mempertandingkan nomor artistik saja.

Nomor artistik tersebut masing-masing 7 nomor putra, yakni palang sejajar, senam lantai, kuda lompat, kuda pelana, palang tunggal, gelang-gelang dan all round, serta 5 nomor putri, yaitu senam lantai, palang bertingkat, kuda lompat, palang tunggal dan balok keseimbangan. (*)
Penulis: palti
Editor: zid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
87224 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas