• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

Hingga Februari, Angka Kemiskinan Pekanbaru Capai 80 ribu Jiwa

Senin, 4 Februari 2013 12:11 WIB
Hingga Februari, Angka Kemiskinan Pekanbaru Capai 80 ribu Jiwa
ilustrasi/net
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Angka kemiskinan di Kota Pekanbaru, hingga awal Februari 2013 mencapai 80.000 orang dari total penduduk kota itu kurang lebih 1.000.000 jiwa.
 

"Angka tersebut perlu mendapat perhatian serius, khususnya melalui pemberdayaan Usaha Ekonomi Kerakyatan Simpan Pinjam (UEK-SP) dalam mengatasi permodalan bagi warga untuk berusaha," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus M.T. di Pekanbaru, akhir pekan lalu.

UEK-SP, berdiri di kota itu relatif cukup banyak. Namun, keberadaannya perlu dikembangkan lagi dalam mendukung pengentasan masyarakat dari kemiskinan di daerah itu.

Menurut dia, sejumlah UEK-SP yang berdiri di kota ini di samping berperan memberdayakan masyarakat terutama yang bergerak dalam usaha ekonomi kecil dan menengah, juga keberadaan lembaga keuangan mikro tersebut sangat berperan dalam menanggulangi kemiskinan.

Kegiatan tersebut, kata dia, perlu terus dikembangkan hingga menyentuh pembangunan ekonomi rakayat kecil secara simultan dan stimulan hingga di kelurahan.

"Dengan demikian, melalui upaya tersebut, Pekanbaru diyakini bisa menekan angka kemiskinan dan pengangguran guna mewujudkan kota metropolitan yang madani," katanya.

Sementara itu, angka pengangguran di Pekanbaru tercatat sebanyak 39.347 orang atau sebesar empat persen dari sejuta jiwa penduduk  kota itu.

Ke depan, dia berharap makin berkembangnya keberadaan UEK-SP sehingga warga yang belum memiliki kegiatan bisa berpartisipasi menjadi anggota dan mengembangkan usaha ekonomi mandiri. (ant)
Editor: zid
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
94804 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas