Senin, 22 Desember 2014
Tribun Pekanbaru

Tahun Ini Buka Tes CPNS

Kamis, 7 Februari 2013 20:25 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Kabar baik untuk para peminat PNS dilingkungan Pemko Dumai. Setelah dua tahun, tidak  membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), pada 2013 ini, Pemko Dumai akan membuka tes CPNS.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dumai sudah mengusulkan 315 formasi pegawai ke BKN dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN). Usulan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang saat ini kekurangan sekitar 1700 PNS.

Kepastian adanya pembukaan tes CPNS itu disampaikan Kepala BKD Dumai, Sepranef dalam pembahasan Prioritas Plafon (PPAS) RAPBD 2013, Rabu (6/2). "Tahun ini, kami akan membuka tes CPNS. Sebanyak 315 formasi yang kami usulkan ke BKN," ujar Kepala BKD, Sepranef, di hadapan anggota Banggar Dumai.

Sepranef menyebutkan rincian formasi 315 pegawai itu diantaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik seperti guru SD, SMP dan SMA sebanyak 40 persen. Tenaga kesehatan seperti dokter dan paramedis sebanyak 30 persen. Dan sisanya tenaga tehknis untuk ditempatkan pada beberapa satuan kerja.

"Kami lebih memprioritaskan, tenaga pendidik dan kesehatan, karena memang masih sangat kurang. Sementara untuk tenaga tehknis kami membuka kesempatan bagi para lulusan D3 dan S1," ujar Sepranef.

Sepranef menjelaskan usulan 315 PNS itu untuk menjawab kekurangan pegawai dilingkungan Pemko Dumai sebanyak 1700. "Kenapa kami hanya usulkan 315 formasi, sementara kebutuhan sampai 1700 pegawai. Karena kami menyesuaikan dengan formasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Dan ini pun masih proses usulan, bisa saja pemerintah hanya menyetujui 200 formasi saja," ujar Sepranef.

Meskipun tenaga honorer cukup banyak disejumlah SKPD, Sepranef menjelasakan keberadaan honorer ternyata tidak menjawab kebutuhan tenaga pegawai. Pemko tetap kekurangan pegawai sesuai formasi yang dibutuhkan.

"Honorer itu tidak memenuhi kebutuhan tenaga pegawai yang kami perlukan. Karena memang, persyaratan pendidikan, tidak menjawab formasi yang kita butuhkan. Jadi meskipun banyak honorer, kami tetap kekurangan tenaga PNS sesuai yang kami butuhkan," ujar Sepranef.
Penulis: Naning Nutriana
Editor: zulham

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas