Sabtu, 22 November 2014
Tribun Pekanbaru

Tour de Singkarak 2013 akan Tempuh Rute 1.000 Km

Kamis, 7 Februari 2013 19:05 WIB

Tour de Singkarak 2013 akan Tempuh Rute 1.000 Km
net
Tour de Singkarak (TdS) kembali akan digelar pada 2-9 Juni 2013 di Sumatera Barat. Titik start pada tahun ini adalah Bukittinggi
TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Tahun ini, Provinsi Sumatra Barat bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali mengadakan Tour de Singkarak 2013, yang menjadi penyelenggaraan yang kelima ajang balap sepeda internasional itu.

Perhelatan Tour de Singkarak (TdS) tahun ini akan melibatkan sembilan kabupaten dan tujuh kota di Sumatra Barat. "Tahun ini kita menambah tiga kabupaten dalam rute TdS, yaitu Solok Selatan, Dhamas Raya, serta Pasaman," kata Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Tak hanya itu, total jarak perlombaan juga meningkat, dari tahun sebelumnya sepanjang 854 kilometer dan tahun ini menjadi 1.000 kilometer. Terbukti, TdS berhasil meningkatkan pamor Sumatra Barat di mata dunia.

"Sejak ada TdS, pariwisata Sumbar semakin berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara," sahut Irwan Prayitno, Gubernur Sumatra Barat, dalam kesempatan sama.

Tak heran, Tour de Singkarak menjadi perlombaan balap sepeda dengan jumlah penonton terbanyak kelima di dunia. Yang pertama adalah Tour de France di Prancis, Giro D'Italia di Italia, Vuelta Espana di Spanyol, dan Santos Tour Down Under di Australia.

Sapta dan jajaran Pemda Sumbar yang turut serta dalam TdS berharap TdS akan semakin menonjolkan kekhasan daerah Sumatra Barat dan dapat menjadi promosi wisata yang baik. (okezone.com)
Editor: harismanto

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas