Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Pekanbaru

Ramahnya Polisi Pariwisata Pekanbaru

Senin, 18 Februari 2013 08:58 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Jika biasanya masyarakat melihat polisi berpakaian lengkap patroli di jalan, lain halnya dengan polisi pariwisata berpatroli. Dengan pakaian santai dan bawaan ramah, akan menyapa masyarakat langsung di tempat wisata.

Biasanya polisi pariwisata tersebut berpatroli di tempat wisata Alam Mayang, Car Free Day, mal-mal dan tempat kegiatan yang didatangi banyak orang. Patroli ini biasanya bersifat mobile di area lokasi wisata sambil berjalan atau menggunakan sepeda.

Menurut Kasudbdit Pengamanan Objek Vital Polda Riau, AKBP Z Pandra Arsyad SH, M.si, ada belasan anggota yang dikerahkan di beberapa titik tetap, dan di titik-titik kegiatan yang mengundang keramaian.

"Di CFD biasanya ada dua, di tempat wisata lain ada empat, tergantung kebutuhan," kata AKBP Z Pandra Arsyad SH, M.si.

Sementara itu, Brigpda Winda Kirtha Anggrenny Siregar yang ditemui Tribun di CFD mengatakan, patroli tersebut dinamakan dengan patroli dialogi, yaitu kegiatan pengamanan di tempat-tempat wisata.

"Kami biasanya jam 6 sudah standby di sini, kemudian sambil jalan menyapa warga yang ada di sini. Pakaian kita ya seperti ini, kaus krah putih, celana PDH. Kalau kita berpakaian seragam kadang orang takut, kalau seperti ini lebih santai," kata Brigpda Winda Kirtha Anggrenny Siregar kepada Tribun, Minggu (17/2).

Brigpda Winda Kirtha Anggrenny Siregar menyampaikan, untuk tugas tersebut, ada 18 orang yang dirolling setiap Sabtu dan Minggu. Selain itu, juga ada yang bertugas setiap Senin dan Jumat.

Selain di tempat wisata dan tempat keramaian, pihak Pengamanan Objek Vital Polda Riau juga menerima permintaan masyarakat untuk diberikan pengamanan.
"Kalau ada permintaan pengamanan bisa menghubungi 0761-21110, nanti kita bisa turun ke sana," kata Wanda. (*)
Penulis: Alex
Editor: zid

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas