A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Pertamina: Hati-Hati SMS Penipuan - Tribun Pekanbaru
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Tribun Pekanbaru

Pertamina: Hati-Hati SMS Penipuan

Rabu, 27 Februari 2013 19:22 WIB
TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - PT Pertamina menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan penipuan bermodus rekruitmen Pertamina. Pasalnya, akhir-akhir ini marak beredar pesan singkat (sms) yang berisi lowongan pekerjaan mengatasnamakan managemen Pertamina.

"Ada beberapa laporan dari masyarakat Dumai yang masuk ke kami bahwa yang bersangkutan mendapatkan sms untuk mengirimkan biodata lengkap kepada e-mail yang disebutkan dalam sms. Pengirim sms yang menggunakan nomor pribadi itu mengarahkan agar penerima sms memasukan lamaran melalui email Pertamina," ujar Public Relations Section Head Pertamina Refinery Unit II Yefrizon kepada Tribun, Selasa (26/2).

Indikasi penipuan tersebut pun dibuktikan dengan penggunaan nomor handphone pribadi dan alamat e-mail. Oknum pengirim sms mengarahkan masyarakat untuk mengirimkan biodata pelamar kerja melalui email : pt.pertaminapersero@yahoo.co.id. Padahal Pertamina memiliki domain e-mail yaitu menggunakan @pertamina.com.

"Pertamina tidak pernah menyebarkan informasi lowongan pekerjaan melalui sms dengan menggunakan nomor handphone pribadi. Dan juga, alamat email perekrutan kami berbeda dengan alamat email yang diinformasikan dalam sms tersebut," ujar Yefrizon.

Yefrizon memperlihatkan contoh sms menyesatkan yang dikirimkan dari oknum penipuan rekruitmen PT Pertamina. SMS dikirim oleh nomor handphone : 085316111542. Dengan isi sms : Lowongan krj PT.PERTAMINA mnerima kryawan  L/P pndidikan s1&s2.krm dftr rwayat hdp lngkp(no hp&email) pas foto 4x6.krm ke email; pt.pertaminapersero@yahoo.co.id

Menurut Yefrizon, target oknum penipu adalah agar si calon tenaga kerja mengeluarkan uang sebagai iming-iming untuk tembus dalam proses perekrutan. "Tujuanya jelas penipuan. Modusnya, oknum pengirim sms akan menghubungi calon tenaga kerja yang sudah memasukan lamaran pekerjaan.

Lalu  mengatakan bahwa dengan adanya proses seleksi di Jakarta, maka memerlukan biaya administrasi, akomodasi dan transportasi, seperti pembayaran biaya tiket, penginapan dan penjemputan ke agen travel yang ditunjuk Pertamina. Pengirim sms lalu mengarahkan, calon tenaga kerja membayarnya melalui rekening bank," ujar Yefrizon.

Yefrizon menjelaskan bahwa dalam melakukan rekruitmen fresh graduate Bimbingan Profesi Sarjana (BPS)/S-1, Bimbingan Profesi Ahli (BPA)/Diploma dan tenaga experienced (berpengalaman), PT Pertamina akan menggunakan iklan lowongan pekerjaan melalui media massa dan melalui website Pertamina (www.pertamina.com).

"Saat ini untuk fresh graduate BPS dan BPA, memang sedang dibuka lowongan di website Pertamina dan ditutup sampai dengan tanggal 28 Februari 2013. Adapun untuk tenaga experienced juga dibuka lowongan di website Pertamina. Informasi itu hanya kami keluarkan melalui website resmi Pertamina dan iklan lowongan pekerjaan di beberapa media massa,"ujar Yefrizon.

Pertamina menghimbau agar masyarakat tidak mengindahkan sms penipuan tersebut dan melaporkan  pelaku kepada pihak yang berwajib. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan dapat menghubungi Contact Pertamina 500-000 (diawali dengan kode daerah jika menghubungi dari GSM) atau e-mail ke pcc@pertamina.com.
Penulis: Naning Nutriana
Editor: zulham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
109754 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas