Sabtu, 29 November 2014
Tribun Pekanbaru

Amin: Cerdas Langkah Diambil Azwan

Sabtu, 2 Maret 2013 19:00 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Tokoh masyarakat Kampar, HM Amin HS mengatakan, keputusan Azwan mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar, sudah tepat. Secara tidak langsung ini bentuk penyelamatan karir mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kampar.

"Untuk dirinya sendiri adalah menyelematkan karirnya. Masyarakat sendiri sudah tahu dan bisa menilailah," ujar Amin, Jumat (1/3), ketika ditanyakan makna dimaksud dengan penyelematan karir tersebut.

Mantan anggota DPRD Kampar selama 29 tahun ini menjelaskan, masyarakat sedang menunggu sosok siapa pengganti Azwan. Menurut Amin, pengganti mantan Kepala Dinas Kebersihan Kota Batam ini haruslah sosok memiliki integritas tinggi dan bisa menyeimbangkan derasnya arus dinamika Pemkab.
"Dari situ kelihatan tidak sinergis dengan kepala daerah. Terpenting asal ada perbaikan di negeri ini," ujar laki-laki berusia 72 tahun ini.

Mantan birokrat yang pernah menjabat Sekda Kota Batam, Akmam Adi Poetra berpendapat lain. Ia menyayangkan keputusan diambil Azwan. "Terlalu cepat beliau (Azwan) mengambil keputusan untuk pindah," ujarnya.

Menurut mantan kepala dinas di Provinis Riau masa Gubernur Saleh Djasit ini, Azwan sebenarnya sangat cocok memangku jabatan Sekda di Kampar. Pasalnya, Kampar merupakan daerah agamis. Azwan bisa sebagai imam dan juga khatib.

Ia menyatakan, pasti ada sesuatu terjadi di balik kepindahan Azwan. Akmam menjelaskan, Azwan sudah mempertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan pindah tugas dari Kota Batam ke Kampar. Meski begitu, ia enggan mengungkapkan cerita di balik peletakan jabatan tersebut.

Akmam berharap, pengganti Azwan nantinya harus sejalan dengan Bupati serta Wakil Bupati. Sehingga, kata dia, Kabupaten Kampar menjadi aman. "Bupati pasti harus memilih orang yang cocok dengan beliau," ujarnya.

Ditanya makna aman dimaksudkan, Akmam hanya tertawa. "Bagaimana supaya amanlah," katanya. Seperti diberitakan, terhitung sejak kemarin, 1 Maret, Azwan resmi mundur dari Sekda Kampar. Sebagaimana isi SK Gubernur Riau, mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam itu pindah ke lingkungan Pemerintah Propinsi Riau. Belum diketahui jabatan baru akan dipangku Azwan.
Penulis: nando
Editor: zulham

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas