Jumat, 30 Januari 2015

Air Sungai di Pekanbaru Bahaya Jika Disentuh

Rabu, 20 Maret 2013 08:26 WIB

Air Sungai di Pekanbaru Bahaya Jika Disentuh
tribunpekanbaru/Sesri
Warga Sungai Siak

 Namun saat ini yang sangat mengkhawatirkan sungai di Pekanbaru sudah mencapai 270.000 kandungan ecoli pada satu mililiter, itu menandakan air di Pekanbaru sudah tidak boleh disentuh oleh manusia lagi.

Terutama beberapa sungai yang sangat mengkhawatirkan di Pekanbaru yakni Sungai Siak, sungai sail dan Sungai Batak, serta sejumlah sungai kecil lainnya.

Demikian disampaikan Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Riau Makruf Maryadi Siregar kepada Tribun. hasil tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh jajaran pecinta lingkungan Fordas di Pekanbaru.

"Kandungan ecoli sudah sekitar 270 ribu permililiter air. Itu menandakan kondisi air di Pekanbaru itu sudah sangat membahayakan bagi masyarakat, karena standar  Baku mutu hanya 1000 permililiter,"ujar Makruf Maryadi Siregar.

Penelitian terakhir yang dilakukan kalangan akademisi dan bekerjasama dengan Fordas beberapa waktu lalu, sejumlah jajanan makanan yang radius 15 hingga 20 meter dari Sungai itu juga sudah tercemar oleh ecoli. Hal ini disebabkan sejumlah masyarakat yang masih menggunakan air tersebut untuk mencuci piring seperti di pinggiran sungai Siak.

"Jangan kan megangnya, kalau jajan dipinggir sungai itu, ecolinya itu sudah ada di piring kita, terakhir penelitian kita terhadap serbetnya juga sudah ditemukan bakteri Ecoli, ini menandakan bahaya itu sudah mengancam keselamatan kita,"ujar Makruf.

Sehingga bahaya yang ditimbulkan akibat bakteri ecoli ini bisa menyerang kulit manusia dan pencernaan atau diare. Sehingga selama ini masyarakat yang masih bergantung di Sungai Siak dan sejumlah Sungai lainnya di Pekanbaru seringkali terserang diare.

Halaman123
Penulis: Nasyuha
Editor: Zul Indra
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas