Kamis, 29 Januari 2015

Gaji Guru Bantu Provinsi Disalurkan

Sabtu, 23 Maret 2013 11:07 WIB

Gaji Guru Bantu Provinsi Disalurkan
ilustrasi/net

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau akhirnya menyalurkan gaji guru bantu. Gaji yang sudah dua bulan tertunda tersebut baru dikucurkan Disdik pada hari Jumat (22/3) dan ditujukan ke Disdik kabupaten/kota.

"Dana tersebut baru disalurkan dari provinsi ke Disdik. Lalu siang nanti (kemarin-red) baru disalurkan ke masing-masing kabupaten/kota," ungkap Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Riau, Hendra Hadisuarno SSos saat ditanyai Tribun.

Besaran dana yang disalurkan kali ini adalah Rp 14,6 miliar dengan total penerima 5.854 orang se Riau. Jumlah dana tersebut untuk pembayaran gaji bulan Januari dan Februari 2013. Satu bulan, tiap guru menerima gaji sebesar Rp 1.250.000.

Dalam keterangannya, Hendra mengakui ada keterlambatan penyaluran gaji guru bantu. Keterlambatan penyaluran dana tersebut menurutnya disebabkan sistem pembayaran yang berubah. Dimana, mulai tahun ini Disdik mulai meminta data perorangan guru bantu  dari kabupaten/kota.

Untuk pengumpulan data itu, pihak kabupaten/kota sendiri membutuhkan waktu yang tak sebentar. Apalagi, guru bantu ini banyak tersebar di daerah yang jauh dari pusat kota. Disamping itu, data tersebut juga harus ditandatangani oleh kepala sekolah bersangkutan.

Dijelaskan Hendra, Disdik mengaku harus hati-hati menyalurkan dana tersebut. Apalagi berdasarkan aturan baru, pemerintah tidak boleh lagi mengangkat tenaga honorer. Disamping itu, anggaran yang disalurkan mencapai miliaran rupiah. "Kita tak mau sampai salah administrasi," ungkap Hendra.

Ditambahkan dia, pada bulan Maret hingga Desember nanti, sistem pengiriman gaji akan berbeda dari biasanya. Dimana, gaji akan dikirim melalui rekening guru langsung. Namun, sistemnya masih akan dibicarakan dulu apakah langsung dikirim oleh Pemprov Riau ke rekening guru atau harus melalui kabupaten/kota terlebih dulu. "Hal yang jelas kedepan guru tidak akan menerima gaji secara tunai lagi. Tapi melalui rekening bank masing-masing," ungkapnya.

Halaman12
Penulis: Hendra Eifivanias
Editor: Zul Indra
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas