Rabu, 1 Juli 2015

Mantan Dirut Bank Riau Divonis 4 Tahun Penjara

Rabu, 27 Maret 2013 11:31

Mantan Dirut Bank Riau Divonis 4 Tahun Penjara
ilustrasi/net

"Selain itu terdakwa Zulkifli Thalib juga dibebankan membayar denda Rp 300 juta dengan subsider 2 bulan penjara kalau denda tidak dibayar," ujar Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru Ida Bagus Dwiyantara SH.

Atas putusan itu Zulkifli Thalib yang mengenakan baju koko warna putih dipadukan celana panjang warna hitam menyatakan masih pikir-pikir utuk menyatakan banding ke Pengadilan Tinggi. "Saya masih pikir-pikir untuk menyatakan banding," ujar Zulkifli.

Sementara itu istri terdakwa yang mengenakan baju PNS dan duduk dikursi pengunjung tak kuasa menahan tangisnya, ia tak henti-hentinya mengusap kedua bola matanya dengan tangan untuk menyeka air matanya yang mengalir dipipi. Keluarga besarnya yang selalu setia mendampingi selama persidangan juga tak kuasa menahan tangis saat mendengar vonis Majelis Hakim tersebut.

Dalam amar putusannya Ida Bagus, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang memperkayakan orang lain secara bersama-sama. "Atas perbuatannya itu terdakwa telah melanggar pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi junto pasal 55 ayat 1 ke1 KUHP," kata Ida Bagus.

Ida Bagus juga menyampaikan, terkait pendapat terdakwa keuangan pemerintah daerah yang ditanamkan dalam Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT Bank Riau Kepri bukan termasuk keuangan negara itu tidak benar. "Sebab keuangan pemerintah daerah yang ditanamkan berbentuk saham di PT Bank Riau Kepri itu termasuk keuangan negara," jelas Ida Bagus.

Putusan ini kata Ida Bagus lagi, diambil sudah sesuai dengan fakta persidangan dan keterangan para saksi. "Putusan ini kami ambil juga sudah mempertimbangkan hal yang meringankan dan hal yang memberatkan," ungkap Ida.

Hukuman yang diberikan kepada terdakwa lebih ringan 2 tahun dari tuntutan JPU Oka Regina SH pada sidang sebelumnya. Dimana saat itu JPU menuntut terdakwa dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta dengan subsider 3 bulan penjara kalau denda tidak dibayar.

Halaman123
Penulis: Rino Syahril
Editor: Zul Indra
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas