Sabtu, 29 November 2014
Tribun Pekanbaru

Marhadi: Kita Lebih dari 30 Persen Perempuan

Sabtu, 20 April 2013 19:37 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Dewan Pengurus Daerah II Golkar Pelalawan dan Dewan Pengurus Cabang Partai Hanura Pelalawan, resmi menyerahkan berkas bakal Calon Legislatif (Caleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (19/4). Kedua partai politik (Parpol) itu datang secara bergantian.

Pengurus Golkar Pelalawan lebih dulu menyambangi kantor KPU di kompleks perkantoran Bhakti Praja, tepat sebelum Salat Jumat. Rombongan ini dipimpin Sekretaris DPD Golkar Pelalawan, Marhadi MR.

Pengurus membawa berkas dan persyaratan calon legislator dan menyerahkan kepada panitia Kelompok Kerja (Pokja) telah menanti di ruang pendaftaran. Kemudian, mereka diberikan pengarahan dan penjelasan oleh Ketua Pokja, Asmadi, terkait persyaratan dan pencalegan. Para kader Golkar menggunakan kemeja kuning, diikuti beberapa kader perempuan juga menjadi caleg.

"Berkas caleg kita serahkan 100 persen dari kursi berjumlah 35 akan diperebutkan. Termasuk kuota caleg perempuan, 34 persen. Artinya mencukupi sesuai dengan aturan KPU," klaim Marhadi saat dikonfirmasi terkait keterwakilan caleg perempuan.

Golkar, tuturnya, menargetkan 15 kursi di DPRD pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 nanti. Selain sebagai partai pemenang Pemilu 2009 lalu di Pelalawan, Golkar mengandalkan perolehan suara pada Pilkada 2011 yang mengusung Harris sebagai Bupati. Harris juga dikenal sebagai Ketua DPD II Golkar Pelalawan.

Ketua DPC Hanura, Herman Maskar, mengklaim kuota perempuan mereka ajukan sebagai Caleg mencapai 30 persen, sesuai aturan berlaku. Rombongan Hanura datang usai Salat Jumat diikuti bakal caleg diusung.

Hanura Pelalawan, kata Herman Maskar, menargetkan sembilan kursi Pada Pemilu 2014. Ada empat anggota DPRD Pelalawan ikut mencalonkan diri kembali, di antaranya Herman Maskar, Mukhlis Ali, Eliman Manurung dan Tengku Khairil.

Untuk dua nama terakhir, keduanya merupakan kader partai lain pada Pemilu 2009 silam, dan maju kembali pada Pemilu 2014 menggunakan Hanura. Ketua KPU, Abdul Hamid menjelaskan, KPU telah menerima berkas dan persyaratan bakal caleg dari kedua partai itu.

Lembaganya akan melakukan verifikasi setelah masa penyerahan selesai dilakukan semua parpol. "Kita masih menunggu partai lain hingga Senin (22/4) nanti. Setelah itu melakukan verifikasi terhadap semua berkas dan persyaratan yang diserahkan," jelas Hamid.
Penulis: johanes
Editor: zulham

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas