• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Pekanbaru

5 Mahasiswa Pekanbaru Ikut Pertukaran Pemuda Antar Negara

Selasa, 30 April 2013 09:44 WIB
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Lima pemuda-pemudi Kota Pekanbaru, sudah dipastikan mewakili Riau, dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tahun 2013. Kelimanya terpilih dari hasil seleksi yang digelar pada 18-19 April lalu, di Hotel Asean Pekanbaru.

Lima pemuda-pemudi tersebut semuanya wakil dari Kota Pekanbaru. Mereka berhasil menyingkirkan pesaingnya, utusan 11 kabupaten/kota yang ada berjumlah 250 orang. Seperti diketahui, pertukaran pemuda antar negara 2013 merupakan agenda Kemenpora RI, dengan pelaksanaannya diserahkan ke Dispora.

Setiap tahun semua provinsi di Indonesia, juga melakukan seleksi kegiatan ini.

"Jadi, mereka sudah pasti mewakili Riau di pertukaran pemuda antar negara ini. Mereka semua utusan dari Kota Pekanbaru," kata Kadispora Pekanbaru, A Mius, saat menerima lima pertukaran pemuda antar negara di kantornya, Senin (29/4) kemarin.   

Seperti diketahui, lima wakil ini merupakan mahasiswa aktif. Kelimanya masing-masing Siti Nurfazlina (Universitas Riau), Deddy Syafrizal (Universitas Riau), Yusparizal (UIN Suska), Arie Sanyi (Universitas Riau) dan Tia Rahma Putri (Universitas Riau).

Negara yang dituju kelimanya masing-masing berbeda. Siti Nurfazlina ke Australia yang akan bertolak pada Oktober, Deddy Syafrizal ke Jepang juga bertolak Oktober, Yusparizal awal Mei ke China, Arie Sanyi ke Kanada) dan Tia Rahma Putri ke Malaysia bertolak Oktober mendatang.

"Masa masing-masing mereka di luar negeri berbeda, ada yang 2,5 bulan hingga 7 bulan," tambah A Mius lagi.

Dari lima program PPAN tersebut yang paling lama adalah ke Kanada selama tujuh bulan dan yang paling cepat Malaysia selama dua pekan.

Kelima pemuda yang menjadi wakil Riau tersebut, terpilih sudah melalui seleksi ketat beberapa tahapan seleksi seperti administrasi, ujian tulis, tes pidato bahasa Inggris, psikotes, kepribadian dan wawancara. Tim seleksi dari Purna Caraka Muda Indonesia Riauan yang telah berlangsung 10-12 April 2013 lalu di Pustaka Soeman HS.

Dan mereka terpilih berdasarkan prestasi selama hasil karantina PPAN. ''Jadi dengan terpilihnya lima pemuda Pekanbaru di program PPAN kita patut bangga, apalagi dari 250 yang terpilih di Provinsi Riau bersaing dengan pemuda 12 kabupaten/kota berasal dari Kota Bertuah,'' tegasnya. (*)
Penulis: Syafruddin Mirohi
Editor: zid
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
148784 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas