Jumat, 3 Juli 2015

BPMPD Tarik Kembali Surat dari KPU

Sabtu, 25 Mei 2013 20:28

"Kabarnya ditarik kembali. Hingga sekarang nggak ada masuk ke meja saya," ungkap Syafril, Jumat (24/5) siang. Seperti diketahui, surat dari BPMPD berisi daftar nama kepala desa yang mengajukan pengunduran diri karena ingin ikut Bakal Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 mendatang. Surat itu sampai di KPU Kampar tanggal 21 Mei 2013 lalu.

Menurut Syafril, bagaimana bentuk surat itu tidak diketahuinya, karena memang tidak pernah dilihatnya hingga Tribun mewawancarainya. Ditanya alasan BPMPD menarik surat itu kembali, Syafril juga tidak tahu.

Seperti beberapa kali diwartakan, surat dari BPMPD menjelaskan pengunduran diri kades sedang diproses merupakan syarat pendaftaran Bacaleg ke KPU. Sebagaimana ketetapan KPU tentang tahapan, surat itu harus sudah diserahkan sampai batas akhir masa perbaikan berkas, 22 Mei 2013.

Dosen Universitas Islam Riau (UIR) ini menjelaskan, itu tidak jadi persoalan. KPU Kampar masih bisa menerima surat dari BPMPD sebelum penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 1 Agustus 2013 nanti.

Ini sesuai dengan surat edaran KPU Indonesia. "Hanya saja, mereka (Kades) masih dikategorikan ke dalam BMS (Belum Memenuhi Syarat)," ujarnya. Terkait SK Pemberhentian dari Bupati, ujar Syafril, harus sudah terbit sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada tanggal 22 Agustus 2013 nanti. Jika tidak ada, Kades ditetapkan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau gugur dari DCT dan tidak bisa ikut Pileg 2014.

"Tapi sepertinya, KPU berkemungkinan akan memberikan kelonggaran. Cuma, Peraturan KPU baru belum kita terima," katanya. Sementara itu, BPMPD Kampar kembali tidak bisa dikonfirmasi. Kepala BPMPD Zamzamir tidak mengangkat telepon selulernya ketika dihubungi, kemarin siang. Padahal sebelumnya, ia berjanji akan memberi keterangan secara langsung untuk mengklarifikasi surat tersebut.

Sebelumnya, BPMPD menyerahkan 19 nama Kades telah mengajukan pengunduran diri. Surat itu dibuat secara kolektif, tidak secara perorangan masing-masing Kades. Ini sesuai dengan salinan Surat BPMPD Kampar yang diperoleh Tribun, Rabu (22/5) siang.

Halaman123
Penulis: nando
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas