• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

894 Mahasiwa Dumai Terima Beasiswa

Rabu, 5 Juni 2013 20:29 WIB
TRIBUNPEKANBARU.COM, DUMAI - Sebanyak 894 mahasiswa kota Dumai menerima beasiswa dari Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai melalui Bagian Administrasi dan Kesra Sekretariat Daerah Kota (Setdako). Penyaluran bea siswa dalam tahun ini untuk pendidikan tinggi terbagi dalam dua kategori mahasiswa.

Kepala Bagian Kesra  Setdako Dumai, Paisal kepada wartawan, Selasa (4/6) menerangkan, bantuan biaya pendidikan ini diperuntukkan yakni untuk mahasiswa yang aktif dan berada pada semester IV keatas serta berasal dari kalangan keluarga kurang mampu. Total jumlahnya sebanyak 781 orang. Sedangkan kepada mahasiswa yang tengah menyusun srkipsi atau tesis serta  tugas akhir sebanyak 113 orang.

"Semua bantuan beasiswa kepada 894 mahasiswa ini, total anggaran yang kita kucurkan mencapai Rp 2,2 miliar. Dana itu bersumber dari APBD murni tahun 2013 yang dianggarakan untuk tahun ini saja," tutur Paisal.

Dikatakannya, mahasiswa yang berhak menerima beasiswa ini merupakan mereka yang berkuliah dimulai dari Diploma Tiga (DIII), Strata 1, Strata 2 dan Strata 3. 

Mahsiswa dalam masa penyusunan tesis tugas akhir, juga turut mendapat bantuan dari pemerintah ini. Pemberian bea siswa ini dilaksanakan dalam waktu dekat, dengan sistem pembagian yakni disalurkan langsung ke rekening masing-masing penerima oleh bagian keuangan.

Saat ini, lanjut Paisal, pihaknya sudah menyelesaikan seluruh proses administrasinya program bantuan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa ini. Berdasarkan Peraturan Walikota (Perwako) nomor 179 tahun 2013 tentang Mahasiswa dan Mahasiswi penerima bantuan biaya pendidikan dari Pemkot Dumai. 

Untuk nominal bantuan, dibedakan berdasarkan tingkat pendidikan dan keberadaan perguruan tinggi mahasiswa penerima, dengan variasi dimulai dari 1,5 juta untuk DIII hingga mencapai Rp 15 juta bagi yang berkuliah Strata 3 di Luar Negeri.

"Bantuan dana pendidikan ini diberikan bersifat transparan, akuntabel, serta dapat dipertanggungjawabkan, baik dalam penyaluran maupun penggunaannya. 

Ini dalam rangka mendukung visi misi daerah dalam bidang pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal, berdaya saing, cerdas dn inovatif serta kreatif. Kita berharap dengan bantuan biaya ini dapat memudahkan dana dan mendukung kegiatan perkuliahan mereka," tandasnya. 

Penulis: johanes
Editor: zulham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas