Peresmian Halte Bus TMP Baru Tunggu Penyelesaian Jembatan Siak IV

Dishubkominfo Pekanbaru, akan melounching mengoperasikan koridor III, IV, V, VI dan VII bus Transmetro Pekanbaru tanggal 21 Juni mendatang

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU  - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pekanbaru, akan melounching mengoperasikan koridor III, IV, V, VI dan VII bus Transmetro Pekanbaru tanggal 21 Juni mendatang, dan akan mulai beroperasi tanggal 22 Juni. Namun, untuk pengoperasian koridor VII terpaksa diundur karena menunggu selesainya pengerjaan Jembatan Siak IV.

Kepala Dishubkominfo Pekanbaru, Dedi Gusriadi kepada Tribun menyebutkan, untuk lounching pengoperasian koridor III, IV, V, VI, dan VII akan dilakukan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Ali Muso. Menjelang lounching, halte sudah selesai, baik yang permanen maupun yang portable. Bus-nya sebanyak 50 unit juga sudah dipastikan siap oleh PD Pembangunan. Lounching akan dilakukan tanggal 21 Juni.

"Khusus untuk koridor VII dipending dulu pengoperasiannya, menunggu Jembatan Siak IV selesai. Sedangkan untuk koridor I yang diperpanjang, dari pandau akan sampai ke bundaran Chevron melalui Siak IV, juga dipending.

Sedangkan koridor VI, ulas Dedi, bus dari dalam kampus Universitas Lancang Kuning masuk Jalan Yos Sudarso-Jalan Paus Rumbai-Jalan Sembilang-Jalan Sekolah- masuk Jalan Yos Sudarso lewat ke Jembatan Siak III-Jalan Senapelan-A Yani-Cut Nyak Dien-Jalan Jenderal Sudirman-U Turn RRI-putar di U Turn flay over-depan kantor wali kota kembali ke Jalan Cut Nyak Dien.

"Pada saat lounching pengoperasian bus akan ada empat lounching. Pertama, lonching pengoperasian bus. Kedua lounching e-tiketing transmetro kerjasama Pemko dengan BCA. Ketiga, penyerahan bantuan dari Bank Riau Kepri kepada wali kota berupa rompi untuk petugas parkir sebanyak 650 lembar warna orange, dan ada lambang Bank Riau dan Pemko. Keempat, Pak wali kota akan serahkan piagam dan hadiah untuk supir teladan tingkat Pekanbaru untuk dilombakan di tingkat provinsi, ada dua orang yakni laki-laki dan perempuan," beber Dedi.

Setelah itu, lanjut Dedi, Pak wali kota memerintahkan ke Dishub dan PD Pembangunan, dalam rangka hari jadi Pekanbaru ke-229, pada H-1 sampai H+1 hari jadi ongkos bus dienam koridor digratiskan.

Sementara itu, kata Dedi, halte pemanen untuk koridor III, IV, V, VI dan VII sudah mulai pemasangan tiang atap, secara total pengerjaannya sudah mencapai 50 persen. Diantara pemasangan tiang atap yang telah dilakukan yakni di Jalan Hangtuah, Jalan Pattimura, Jalan Diponegoro, Jalan A Yani, Jalan Srikandi, Jalan SM Amin, dan Jalan HR Soebrantas sampai ke UIN Suska.

"Jadi, tingal pemasangan semua tiang dan atap. Sedangkan halte portable yang terdiri dari jenjang dari besi sudah siap dirakit sebanyak 100 unit, tinggal meletakkan di titik lokasi," sebut Dedi.

Untuk lebih memberikan kenyamanan kepada penumpang bus, tambah Dedi, pihaknya juga akan merehap halte koridor I dan II bus Transmetro Pekanbaru, karena kondisi halte yang sudah banyak yang rusak. Namun, rehap baru bisa dilakukan tahun 2014, karena ada kerjasama dengan pihak ketiga saat pembangunan.

"Pembangunan halte yang di koridor I dan II dulunya ada yang kerjasama dengan pihak ketiga. Kerjasamanya ada yang habis tahun 2014 dan ada tahun 2015. Setelah kerjasama habis, kami akan lakukan rehap dengan bentuk dan kondisi yang lebih representatif. Utamanya untuk kenyamanan penumpang dan pengguna jalan lainnya," tutur Dedi. (*)

Penulis: Nolpitos Hendri
Editor: Zul Indra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved