• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 26 Juli 2014
Tribun Pekanbaru

Pengerjaan Stadion Narasinga Dipecah Jadi Lima

Rabu, 10 Juli 2013 20:25 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Inhu, Armansyah menegaskan, pekerjaan pembangunan Stadion Narasinga Rengat, dipecah-pecah menjadi lima kontrak.

Alasan pemexahan ini karena item dan spesialis pekerjaannya berbeda-beda. Langkah itu dilakukan agar target penyelesaian lima pekerjaan tersebut sesuai dengan yang telah ditentukan. "Tidak ada salah di sini, meskipun pekerjaan tersebut berada pada satu lokasi Stadion Narasinga. Namun item pekerjaan berbeda, sehingga wajar untuk dipecah-pecah menjadi lima kontrak pekerjaan," tegasnya, Senin (8/7).

Lima pekerjaan pembangunan Stadion Narasinga Rengat itu di antaranya pembangunan tribun utama, pekerjaan lintasan atletik, pembangunan pagar dalam stadion, pembangunan pagar luar stadion dan pembangunan pelataran parkir.

Armansyah mengatakan, meski pekerjaan pembangunan Stadion Narasinga Rengat dipecah dalam lima kontrak kegiatan, itu tidak akan membuat adanya peluang kolusi. Sebab seluruh kegiatan dilakukan melalui proses lelang terbuka melalui LPSE, sehingga Disporabudpar tidak ikut di dalamnya.

"Kecuali kalau lima perkerjaan itu proses penunjukan rekanan dilakukan melalui mekanisme penunjukan langsung (PL), mungkin saja rawan kolusi. Tetapi seluruhnya dilelang secara terbuka melalui LPSE, sehingga tidak mungkin ada kolusi," alasannya.

Menurut Armansyah, akan tidak baik jika pekerjaan tersebut dijadikan satu kegiatan. Ini jelas akan menguntungkan satu kontraktor saja. Selain itu setiap pekerjaan memiliki spesialisnya masing-masing. Bahkan jika dilakukan oleh satu rekanan dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu.

Armansyah mengatakan, selain rehab terhadap Stadion Narasinga Rengat, persiapan lainnya jelang Inhu jadi tuan rumah Porprov Riau 2014 mendatang, di antaranya sudah dilaksanakan lelang pekerjaan pembangunan Stadion Mini Batu Canai sebagai venue atletik.

Saat ini pemenang lelang sudah ada, namun karena masih ada sanggahan dari rekanan lain sehingga pekerjaan harus ditunda sesaat. "Sedangkan untuk pembangunan GOR Remaja di Pematang Reba merupakan bantuan dari PT Bukit Asam (BA). Kita sudah koordinasi dengan PT BA dan saat ini sedang diurus proses pencairan dananya oleh perusahaan. Kemungkinan pekerjaan pembungan GOR Remaja akan memakan waktu sekitar enam bulan saja," tuturnya.

Armansyah menjelaskan, ditargetkan pada 2013 ini, Stadion Narasinga Rengat dan Stadion Mini Batu Canai sudah dapat digunakan. Kemungkinan untuk APBD Perubahan 2013 dan APBD tahun 2014 hanya untuk kegiatan pendukung saja. (kor1)

Editor: zulham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas