• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Pekanbaru

Jumlah Pemilih Pileg Sementara 296.971

Senin, 15 Juli 2013 19:47 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, RENGAT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (INhu), mulai Kamis (11/7) pekan lalu, sudah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu legislatif (Pileg) tahun 2014. Berdasarkan DPS tersebut, terdapat 296.971 pemilih di Inhu, terdiri dari 151.125 laki-laki dan 145.846 perempuan. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 898.

Ketua KPU Inhu, Fauzi Muchtar didampingi Komisioner KPU Inhu, Hendri A Sholeh mengungkapkan, DPS diumumkan KPU tersebut merupakan hasil pemuktahiran data pemilih telah dilakukan sebelumnya. Pengumuman DPS Pileg disampaikan di seluruh kantor desa/kelurahan dan tempat stategis lainnya hingga Rabu (24/7) mendatang.

Selain itu, DPS tersebut akan diserahkan KPU kepada seluruh partai politik per kecamatan dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) paling lambat Senin (15/7). Penyerahan DPS kepada seluruh Parpol dan Panwaslu ini diharapkan dapat membantu untuk melihat dan mengecek secara langsung warga masyarakat yang belum terdata.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengecek DPS yang telah diumumkan tersebut. Bagi yang belum terdaftar diharapkan segera menghubungi petugas Pantarlih atau PPS setempat," ungkap Fauzi Muchtar, akhir pekan kemarin.

Fauzi menjelaskan, masyarakat sudah melapor ke petugas Pantarlih ataupun PPS, nama-namanya akan dicantumkan pada Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perbaikan. Bahkan jika masih ada juga belum terdaftar, akan kembali diperbaiki melalui DPS hasil perbaikan akhir.

Sesuai tahapan Pileg telah ditetapkan, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten Inhu baru akan dilakukan mulai tanggal 7-13 September 2013 mendatang. Sementara itu, untuk daftar pemilih Pilgubri, Fauzi Muchtar mengungkapkan, saat ini tahapan sedang dilakukan adalah pengesahan dan pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) oleh setiap PPS mulai tanggal 14-17 Juli 2013.

Untuk Pilgubri akan dilaksanakan 4 September 2013 mendatang, terdapat 258.454 pemilih di Inhu. Perinciannya, 133.139 laki-laki dan 125.315 perempuan. Sedangkan jumlah TPS sebanyak 739.

Perbedaan data pemilih untuk Pileg dan Pilgubri ini dapat terjadi karena persyaratan untuk bisa menggunakan hak pilih adalah berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara, sehingga saat Pileg jumlah pemilihnya lebih banyak dari Pilgubri.

Selain itu, ada perbedaan jumlah TPS pada Pileg dan Pilgubri disebabkan karena jumlah pemilih tiap TPS untuk Pileg paling banyak 500 pemilih, sedangkan untuk Pilgubri, jumlah pemilih tiap TPS paling banyak 600.

Komisioner KPU Inhu, Hendri A Sholeh, menjelaskan, DPS Pileg dan Pilgubri yang diumumkan KPU Inhu tersebut sudah mengalami perbaikan cukup signifikan dari data awal diterima KPU Inhu. Sebelumnya KPU mensinyalir banyak terdapat data pemilih ganda khususnya untuk Pileg 2014 mendatang.

Berdasarkan data diterima KPU Inhu, data pemilih untuk Pileg 435.650, terdiri dari 225.458 laki-laki dan 210.192 perempuan. Sedangkan data pemilih Pilgubri 288.652, terdiri dari 150.305 laki-laki dan 138.347 perempuan. Data pemilih untuk Pileg tersebut bersumber dari data KPU Pusat.

Data itu merupakan gabungan antara data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dikerjakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan data pemilu terakhir, Pemilihan Bupati  dan Wakil Bupati Inhu 2010 lalu. Penggabungan dua data tersebut dilakukan oleh KPU RI menggunakan sistem informasi data pemilih (Sidalih).

"Karena penggabungannya menggunakan system, kita menduga banyak terdapat data ganda, sebab satu huruf saja pada nama berbeda, secara otomastis akan tercantum sebagai data pemilih baru sehingga memunculkan daftar pemilih ganda, meskipun orangnya sama," ungkap Hendri A Sholeh beberapa waktu lalu. Sedangkan data pemilih untuk Pilgubri berasal dari KPU Riau yang bersumber dari DP4 Disdukcapil Provinsi Riau. (kor1)

Editor: zulham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
195014 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas