Rabu, 26 November 2014
Tribun Pekanbaru

Polresta Temukan Dua Titik Api di Pekanbaru

Sabtu, 27 Juli 2013 08:42 WIB

Laporan: Riki Suardi

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU   - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di Riau, masih terus terjadi. Meskipun jumlahnya telah berkurang, tapi tidak menyurutkan niat aparat kepolisian untuk terus memberantas pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Seperti yang dilakukan Jajaran Reskrim Polresta Pekanbaru pada Rabu (24/7) lalu. Saat itu, satuan yang dipimpin Kompol Arief Fajar Satria itu, menemukan dua titik api yang menyala di lahan kosong, yaitu di Kecamatan Tampan dan Kecamatan Payung Sekaki.

Menurut Kompol Arief Fajar kepada Tribun, api yang muncul di lahan kosong itu, diduga sengaja dibakar, tapi siapa pelakunya, hingga kini masih dalam lidik.  "Kita masih selidiki siapa yang membakarnya," Kata Arif Fajar, Jumat (26/7) kemarin.

Dikatakannya, lahan yang diduga sengaja dibakar itu, merupakan lahan milik masyarakat, tapi saat pemilik lahan tersebut dimintai keterangan oleh penyidik, pemiliknya mengaku tidak mengetahui siapa yang membakar.

Penyelidikan terhadap lahan yang terbakar itu, sebut Arief, dilakukan setelah adanya  laporan dari masyarakat. Kemudian saat ditindaklanjuti, ternyata benar lahan itu terbakar. "Saat ini, api di lahan tersebut sudah kita padamkan," bebernya.

Ditegaskannya, pemilik lahan jangan lagi melakukan pembakaran lahan dan hutan, karena akan berdampak kepada polusi udara, seperti yang terjadi satu bulan lalu. "Tidak hanya itu, pelaku pembakaran lahan juga bisa diproses dengan hukum," tuturnya. (*)

Editor: zid

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas