• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Pekanbaru

Beny Tidak Tahu Jadwal Sidang Di PN Siak

Rabu, 25 September 2013 21:20 WIB

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Sebuah komputer yang berada di pojok kiri pintu masuk ruangan Pengadilan Negeri (PN) Siak terlihat tidak pernah lagi menyala. Kodisi komputer ini terlihat masih mulus, meski ada debu tipis yang terlihat menempel pada layar monitornya. Pada beberapa Pengadilan Negeri, umumnya komputer biasanya dipakai untuk menampilkan informasi, seperti jadwal sidang, perkara-perkara yang masuk ke pengadilan dengan menampilkan data-data lengkap mengenai persidangan itu.
Kondisi ini memang berbeda bila dibandingkan di beberapa PN di daerah lain, contohnya di PN Pekanbaru. Di PN Pekanbaru terdapat dua komputer yang menampilkan seluruh detail perkara dan agenda sidang, sehingga masyarakat yang berperkara atau yang akan mengikuti sidang tidak kebingungan untuk mengetahui jadwal sidang.

Sayangnya, gambaran di PN Pekanbaru itu berbanding terbalik dengan kondisi yang ada di PN Siak. Selain komputer yang mati, papan informasi yang ditulis manual, yang biasanya bertuliskan jadwal sidang yang berlangsung hari itu, terlihat bersih tanpa goresan spidol di papan tersebut. Praktis kondisi ini menimbulkan kebingungan bagi warga atau pengunjung yang hadir di PN Siak. Seorang warga, Yogi (30), warga Dayun yang berkunjung untuk menyaksikan sidang di ke PN Siak itu mengaku kebingungan, selain karena tidak mengatahui jadwal sidang, ia juga menyayangkan rendahnya layanan fasilitas informasi di PN Siak itu.

"Komputernya tidak menyala, televisi tidak menyala, papan informasi jadwal sidang juga tidak ada. Jadi saya sudah mengetahui kapan sidangnya dimulai," keluh warga Dayun ini. Hal senada juga dikatakan oleh Beny (38). Beny yang datang dari Pekanbaru untuk menyaksikan persidangan saudarannya ini mengaku heran dengan fasilitas yang tidak dipergunakan itu.

" Komputer ada, televisi ada, papan jadwal ada, namun tidak digunakan, memang itu untuk pajangan aja ya mas (red, tribun). Kalau memang tidak dipakai, mending nggak usah dipajang di sana. Selain itu, semua orang yang akan mengikuti sidang di sini bingung, karena banyak yang tidak tahu, mulainya jam berapa," ujar Beny kepada Tribun saat tengah menunggu jadwal sidang anggota keluarganya, Selasa (24/9) siang.

Terpisah, dikonfirmasi mengenai hal itu, Humas PN Siak, Rizal Taufani SH, membenarkan kondisi itu. Ia mengatakan komputer itu memang biasanya dipakai untuk menampilkan data, informasi dan jadwal sidang, namum keadaan itu karena kondisi jaringan internet yang masuk ke PN Siak masih menumpang dari server Dinas PU Kimpraswil Siak. " Seharusnya memang komputer itu hidup, namun karena jaringan yang sering terputus, makanya komputer itu tidak di hidupkan," ujarnya.

Terkait permaslahan jadwal sidang yang tidak dibuat dalam papan jadwal sidang (tulis manual), Kembali Humas PN ini mengaku hal itu karena kesibukan dari beberapa pegawai di PN Siak serta keterbatasan jumlah pegawai yang ada di PN Siak. "Untuk masalah server, kita memang telah mengajukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Kemungkinan tahun 2014 hal itu bisa terealisasi. Sedangkan untuk papan informasi sidang, biasanya bagian pidana yang menuliskannya, namun mungkin karena sibuk, jadi belum sempat menuliskannya," ucapnya beralasan. (cr5/TRIBUN PEKANBARU CETAK)

Editor: zulham
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
232303 articles 9 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas