TribunPekanbaru/

Mahasiswa Prodi PPKN FKIP UNRI Ikuti Pelatihan Kepemimpinan

Mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Riau (UNRI) ikuti latihan kepemimpinan

Laporan: Afrizal
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Kegembiraan terpancar dari puluhan mahasiswa Program Studi PPKN Universitas Riau (UNRI) saat mengikuti latihan kepemimpinan, Minggu (27/10/2013) lalu. Perintah saling bersahutan terdengar saat panitia menggelar sesi game.

Dibagi dalam beberapa kelompok, 47 mahasiswa baru harus bisa menyelesaikan permainan melalui kerjasama. Saat selembar folio dibagikan pada tiap kelompok, keriuhan semakin menjadi. Pasalnya peserta dipaksa berpikir keras membuat lingkaran kertas sehingga tujuh orang dalam kelompok bisa masuk lingkaran tanpa terputus. Sementara untuk merobek, tidak disediakan guntung. Peserta harus merobek menggunakan tangan dengan hati-hati.

Bupati HIMA Prodi PPKN UNRI, Rudi Agusman menuturkan, lomba merobek kertas yang digelar bertujuan melatih kerjasama kelompok. Mereka harus bisa membuat lingkaran tanpa putus sehingga seluruh anggota kelompok bisa masuk di dalamnya.

Game tersebut merupakan rangkaian pelatihan kepemimpinan yang digelar khusus mahasiswa baru. Kegiatan yang berpusat di samping stadion mini tersebut, lanjutan kegiatan indoor yang digelar sehari sebelumnya, Sabtu (26/10). Saat sesi acara outdoor, mahasiswa harus berkumpul pukul 08.00 WIB. Secara bertahap, aneka permainan  digelar dengan tujuan sama, melatih kekompakan tim. Mulai dari lomba bakiak, hingga tebak kata mengadopsi eat bulaga.

Kemeriahan pelatihan juga terasa saat setiap kelompok harus membuat garis panjang menggunakan bahan yang ada pada tubuh. Game ini mengharuskan peserta memiliki kreativitas. Ada yang memanfaatkan tali sepatu hingga ikat pinggang agar memiliki garis terpanjang dari kelompok lain.

"Dari hasil permainan, hampir semua kelompok mampu bekerjasama. Hanya satu tim yang kertasnya robek," ujar Ketua Divisi Kaderisasi Hima Prodi PPKn Amin Afdhal.

Pelatihan outdoor tersebut, lanjutnya adalah praktek kepemimpinan yang sebelum dilaksanakan di rungan. Hari pertama pelatihan, mahasiswa fokus dalam ruangan. Selama satu hari penuh mereka mendapatkan teori dari tiga pembicara. Mantan Wapres BEM UNRI, Julian Caisar, Mantan Bupati Hima PPKN, Anggi Fahlevi serta Ketua BKM FKIP M Yusuf.
"Semua pemateri berasal dari prodi PPKN," katanya. (Riz)

Penulis: Afrizal
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help