Rasidi, Petani Sawit: Terimakasih Pak Sukanto!

"Saya atasnama para petani binaan Asian Agri, mengucapkan terimakasih banyak kepada Pak Sukanto Tanoto," kata Rasidi, petani

Rasidi, Petani Sawit: Terimakasih Pak Sukanto!
net
Asian Agri

TRIBUNPEKANBARU, PEKANBARU - Masih terbayang di ingatan Rasidi (46), saat pertamakali menjejakkan kaki dengan keluarganya pada 2005 ke Provinsi Riau. Saat itu, ia ingin mengubah nasibnya dan keluarganya menjadi keluarga yang bahagia dan sejahtera.

"Awalnya saya hanya punya lahan 2 hektare sawit di SP 12, Desa Suka Mulya, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Namun berkat bimbingan, arahan dan pelatihan yang diberikan PT Asian Agri, akhirnya saya sekarang menjadi petani sawit yang cukup sukses dengan lahan 6 hektare," kenang Rasidi, di sela-sela penyerahan Aspekpir Award kepada PT Asian Agri, Kamis (27/2/2014) di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Ia merasakan betul kontribusi yang diberikan perusahaan yang didirikan Sukanto Tanoto ini kepada para petani kelapa sawit. Mulai dari pemupukan yang difasilitasi dengan pemeriksaan unsur hara tanah agar tahu pupuk apa yang cocok. Kemudian pupuk paket satu tahun periode (7x pemupukan) yang bisa dibayar dengan cicilan bulanan serta tata cara pemupukan. Selanjutnya penanggulangan hama dan gulma dengan pelatihan tim semprot serta tata cara panen.

"Kami juga dibantu lewat CSR Asian Agri untuk pengadaan ternak sapi," ungkap Rasidi, yang juga Ketua KUD Bina Mulya SP 12, yang beranggotakan 438 KK.

Kemudian melalui Sistem Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit, katanya, para petani diajarkan Asian Agri tentang bagaimana menyiapkan pakan sapi dari pelepah sawit yang dicacah, dicampur bungkil sawit dan lainnya. Selanjutnya kotoran sapi difermentasi menjadi pupuk cair dan kompos untuk sawit. "Alhamdulillah, sekarang jumlah sapi saya sudah banyak," ucap Rasidi yang juga Sekretaris Forum Komunikasi Petani PIR Kelapa Sawit Wilayah Asian Agri.

Tak hanya itu, katanya, Asian Agri juga memberikan beasiswa kepada anak-anak berprestasi serta memberikan bantuan komputer untuk sekolah. "Saya atasnama para petani binaan Asian Agri, mengucapkan terimakasih banyak kepada Pak Sukanto Tanoto selaku pemilik Asian Agri, karena kami sudah banyak menerima binaan, arahan dan bantuan Asian Agri, sehingga sekarang kami menjadi petani kelapa sawit yang sukses. Semoga pembinaan ini terus berlanjut selamanya, termasuk saat kami melakukan replanting pada 2021," harap Rasidi.

Sebagaimana diketahui, atas kontribusi besar yang diberikan PT Asian Agri selama 20 tahun terakhir kepada para petani kelapa sawit di Indonesia, khususnya Riau, dalam membina kelompok tani mengembangkan pertanian sawit plasma, maka Asian Agri mendapat penghargaan dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (AspekPIR). Penghargaan itu diserahkan Wakil Menteri Pertanian Dr Rusman Heryawan kepada Plasma Head Asian Agri Ir Pengarapen Gurusinga di Pekanbaru, Kamis (27/2/2013). (*)

Tags
Asian Agri
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help