Wartawan Senior Martias Pandoe Tutup Usia

Almarhum adalah mantan wartawan Harian Kompas, yang sampai usia senjanya tetap aktif menulis.

Wartawan Senior Martias Pandoe Tutup Usia
wikipedia
Marthias Dusky Pandoe

TRIBUNPEKANBARU.COM, PADANG - Wartawan senior yang telah melintasi tiga zaman, Marthias Dusky Pandoe (84) meninggal dunia Jumat (9/5/2014) pukul 17.40 WIB di kediamannya Jalan Karet 27 Padang, Provinsi Sumatera Barat. Almarhum adalah mantan wartawan Harian Kompas, yang sampai usia senjanya tetap aktif menulis.

Salah seorang anak almarhum, H Zola Pandoe, menyebutkan orangtuanya sebelumnya sakit, terjatuh sehingga kaki dan pundaknya membiru. Almarhum kata dia tidak mau dirawat di rumah sakit dan minta istirahat dirumah saja.

Kepergian Pandoe didampingi oleh isteri tercinta Zuraida, 75 dan anak-anaknya, H. Zola Pandoe dan Andre. Menantu almarhum, Corry Saidan menyampaikan permohonan maaf untuk almarhum.

"Maafkan papi ya, jika semasa hidupnya ada kesalahan," tutur Asisten III Pemko Padang ini singkat.

Menyinggung tentang aktivitas almarhum, satu tahun belakangan, Pandoe masih menghasilkan tulisan-tulisan menarik yang dimuat pada rubrik tetap di harian Padang Ekspres. Tulisan-tulisan itu sudah diterbitkan dengan judul "A Nan Takana" oleh percetakan Gramedia.

Bukan itu saja, sebelumnya, tepat diusianya yang ke 80 tahun, Pada bulan Mei 2010, Marthias meluncurkan buku Jernih Melihat Cermat Mencatat. Ketika itu hadir tokoh-tokoh pers Indonesia.

Di antaranya Jakob Oetama, Rosihan Anwar, Djafar Assegaff, Basril Djabar, Rikard Bagun, Julius Pour, dan Abrar Yusra serta tokoh Indonesia dari Sumatera Barat seperti Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI), Irman Gusman, mantan menteri Fahmi Idris, Hasan Basri Durin, sejarawan Taufik Abdullah, dan sejumlah tokoh lainnya.

Marthias Dusky Pandoe lahir di Kampung Lawang, Agam, Sumatera Barat, 10 Mei 1930. Mulai berkiprah di Harian Kompas sejak tahun 1970 sampai pensiun pada tahun 1998. Marthias adalah seorang wartawan otodidak tanpa satupun gelar akademis jurnalistik yang dipunyainya, namun karyanya sebagai wartawan mendapat apresiasi yang baik dari berbagai pihak. (antarasumbar.com)

Editor: harismanto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved