Tom & Jerry Dianggap Berbahaya, Bagaimana Nasib Masha & The Bear?

Sebelumnya, KPI menilai ada sejumlah adegan pada program anak-anak yang dapat berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak

Tom & Jerry Dianggap Berbahaya, Bagaimana Nasib Masha & The Bear?
KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi KPI 

TRIBUNPEKANBARU.COM, JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah merilis beberapa tayangan anak-anak yang dianggap membahayakan atau masuk kategori hati-hati. Lalu, bagaimana dengan tayangan Masha and The Bear, salah satu tayangan favorit anak-anak saat ini?

Komisioner KPI Agatha Lily mengatakan, pihaknya telah memberikan peringatan pada sejumlah tayangan anak-anak, salah satunya Masha and The Bear. Menurut Agatha, tayangan tersebut telah menunjukkan perbaikan muatan, setidaknya selama KPI melakukan 90 hari pemantauan tayangan.

"Masha and The Bear sudah diperingatkan, berdasarkan pantauan kami sudah lebih baik tayangannya sekarang. Film Bima Sakti yang paling bahaya," kata Agatha, saat dihubungi, Senin (22/9/2014) malam.

Agatha mengatakan, KPI akan terus melakukan pemantauan terhadap seluruh tayangan anak-anak. Sanksi akan diberikan pada tayangan yang dianggap membahayakan.

"Termasuk yang sekarang sudah bagus, kalau nanti tayangannya jadi buruk pasti kita (beri) sanksi," ujarnya.

Dampak buruk

Sebelumnya, KPI menilai ada sejumlah adegan pada program anak-anak yang dapat berdampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak. Muatan itu meliputi kekerasan fisik, kekerasan terhadap hewan, penggunaan senjata tajam dan benda keras untuk menyakiti dan melukai, kata-kata kasar, hingga perilaku yang tidak pantas. KPI juga menyoroti adanya unsur-unsur mistis, muatan porno, dan sifat-sifat negatif, seperti emosi kemarahan, serakah, pelit, rakus, dendam, iri, malas, dan jahil.

Berdasarkan kajian yang dilakukan KPI bersama sejumlah pakar terhadap sejumlah tayangan anak dan kartun, KPI menemukan muatan-muatan kekerasan dan berbahaya dalam tayangan tersebut. KPI menyoroti program kartun dengan kekerasan yang eksplisit dan masif ditayangkan setiap hari dengan frekuensi dua kali sehari.

Atas kajian itu, KPI menetapkan tiga tayangan yang termasuk dalam kategori berbahaya, yakni Bima Sakti (ditayangkan oleh ANTV), Little Krisna (ANTV), serta Tom & Jerry (ANTV, RCTI, dan Global TV).

Adapun dua tayangan anak dan kartun yang masuk dalam kategori hati-hati adalah Crayon Sinchan (RCTI) dan Spongebob Squarepants (Global TV).

Atas pelanggaran-pelanggaran tersebut, KPI telah melayangkan teguran tertulis kepada stasiun-stasiun televisi yang menyiarkan acara tersebut.

KPI juga mengimbau agar orangtua melarang anak-anaknya menonton kelima program di atas.

Sebaliknya, KPI mengapresiasi tujuh program anak dan kartun yang dianggap memberikan inspirasi dan kaya muatan edukasi bagi anak. Tayangan itu adalah Dora The Explorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Curious George (ANTV), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), serta Disney Junior (MNC TV).

Editor: Muhammad Ridho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved