Hotline Public Services

Ini Tata Cara Pengurusan KTP Setelah 3 Tahun Tinggal di Pekanbaru

Pemohon terlebih dahulu meminta surat keterangan pindah dari daerah asal.

Ini Tata Cara Pengurusan KTP Setelah 3 Tahun Tinggal di Pekanbaru
internet
Contok kartu tanda penduduk

TRIBUNPEKANBARU.COM - Seorang pembaca Tribun Pekanbaru memiliki kendala dalam pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK). Melalui pesan layanan singkat seluler (SMS) dari nomor +6281275577xxx  yang dikirim ke nomor layanan Hot Public Services 0811 766 616, ia bertanya apa saja persyaratan untuk mengurus dokumen kependudukan tersebut.

Berikut jawaban langsung dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru, Baharuddin.

"Untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP/E-KTP) sesuai domisili di Pekanbaru, pemohon terlebih dahulu meminta surat keterangan pindah dari daerah asal. Surat keterangan pindah tersebut harus ditandatangani pejabat berwenang di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) daerah asal.

Surat itu kemudian dijadikan syarat untuk pengurusan surat keterangan pindah datang (SKPD) di Disdukcapil Pekanbaru. Lampirkan surat pengantar dari RT/RW dan kelurahan domisili sekarang. Pemohon akan diminta mengisi formulir permohonan pindah datang. Maka Disdukcapil Pekanbaru kemudian menerbitkan SKPD sebagai dasar pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)".

SKPD tersebut dibawa saat membuat KTP/E- KTP di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disdukcapil di kecamatan sesuai domisili di Pekanbaru. Demikian informasinya terimakasih. (*)

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi HARI INI. Simak kelanjutan beritanya di www.tribunpekanbaru.com.

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Pages Facebook: Tribuners Pekanbaru Interaktif dan Pages Facebook: Tribun Pekanbaru

Tags
KTP
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved