TribunPekanbaru/

Anda Ingin Sehat? Jangan Tinggalkan Salat Lima Waktu

Tanpa kita sadari, gerakan-gerakan di dalam salat, memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Anda Ingin Sehat? Jangan Tinggalkan Salat Lima Waktu
internet
ILUSTRASI : GERAKAN DALAM SALAT

TRIBUNPEKANBARU.COM - Tanpa kita sadari, apa yang kita anggap sekadar rutinitas dan hanya gerakkan semata saat menunaikan ibadah salat lima waktu, ternyata memiliki keutamaan tak terhingga dari sisi kesehatan.

Gerakan-gerakan salat tersebut, seperti mengangkat takbir (takbiratul ihram), rukuk, sujud, duduk, bangkit dari sujud dan rukuk serta salam, merupakan gerakan-gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia.

“Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujud-lah kamu, sembahlah Rabbmu dan perbuatlah kebajikan supaya kamu mendapat kemenangan.” (QS Al-Hajj: 77)

Bahkan dari sisi medis, salat gudangnya obat dari berbagai macam penyakit. Tetapi sayang hanya sedikit dari umat Islam yang memahaminya. TRIBUNPEKANBARU.COM mencoba untuk merangkum dari berbagai sumber 10 keutamaan gerakan salat bagi kesehatan :

1 Takbiratul Ihram
Gerakan pertama dalam salat adalah Takbiratul ihram adalah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap di depan perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerakan ini sendiri untuk melancarkan aliran darah, getah bening or limfe dan kekuatan otot pada lengan.

Posisi jantung berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar.

Kemudian kedua tangan didekapkan dibagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama pada bagian tubuh atas.

2. Berdiri bersedekap
Manfaat: gerakan ini menghindarkan gangguan persendian pada tulang-tulang anggota gerak atas

3. Rukuk

Rukuk merupakan gerakan saat posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus, bahkan segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah jika posisinya benar.

Halaman
123
Penulis: Fakhrurrodzi
Editor: Fakhrurrodzi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help