Kemana Harus Mengurus Izin Mendirikan Bangunan?

Sejumlah pertanyaan diterima Tribun Pekanbaru dalam rubrik cetak Hot Line Publik Service, lewat SMS di nomor 0811766616.

Kemana Harus Mengurus Izin Mendirikan Bangunan?
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan: Zul Indra

TRIBUNPEKANBARU, PEKANBARU - Sejumlah pertanyaan diterima Tribun Pekanbaru dalam rubrik cetak Hot Line Publik Service, lewat SMS di nomor 0811766616. Berikut di antara pertanyaan, beserta jawabannya:

Pertanyaan:

Selamat pagi Bun. Kami memiliki sebidang tanah di Jalan Duyung. Kira-kira apa saja syarat mendirikan bangunan di tanah kami itu. Kemana kami harus mengurusnya?. Makasih bun.
+6285363432xxx

Jawaban:

Selamat pagi kembali. Jika hanya berupa tanah dan belum ada bangunan persyaratan pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah pertama-tama mengajukan Advice Planning dan mengisi formulirnya di Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Pekanbaru.

Jika Advice Planning sudah disetujui, selanjutnya mengisi formulir pengajuan IMB sebanyak lima rangkap dengan melampirkan Advis Planning, Surat Keterangan Sempadan, Fotokopi KTP sebanyak lima rangkap, fotokopi sertifikat tanah lima rangkap, fotokopi bukti pembayaran PBB tahun terakhir lima rangkap, gambar rencana bangunan lengkap dan diketahui oleh pemegang Surat Izin Bekerja Perencana (SIBP) lima rangkap, surat pernyataan bermeterai untuk penambahan bangunan, pemohon yang sedang mengurus sertifikat tanah, melampirkan surat ukur sementara dan SKGR sebanyak lima rangkap, surat kuasa untuk tanah yang tidak atas nama pemilik surat tanah. Untuk keterangan lebih lanjut bisa datang langsung ke kantor Dinas Tata Ruang dan Bangunan Pekanbaru di Jalan Cut Nyak Dien.

Sekian informasinya terima kasih.

Ir Mulyasman MT
Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Pekanbaru

Penulis:
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved