TribunPekanbaru/

Ahli Bedah Plastik Ini Dihukum Bayar Denda Rp 97 Juta

Foto-foto itu diambil sebelum ia menjalani prosedur untuk menghapus bekas luka di paha bagian kirinya.

Ahli Bedah Plastik Ini Dihukum Bayar Denda Rp 97 Juta
Foto: asiaone
Dokter Martin Huang 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SINGAPURA – Dokter Martin Huang, seorang ahli bedah plastik, dijatuhkan hukuman denda $ 10.000 (sekitar Rp 97 juta) oleh Singapore Medical Council (SMC) pada Selasa (29/12/2015). Dokter ini dihukum karena dua tuduhan kesalahan profesional.

Hal itu bermula dari pengaduan seorang gadis berusia 17 tahun, yang pada November 2010 mendatangi Dokter Martin Huang untuk konsultasi pra-prosedur untuk menghapus bekas luka di paha bagian kirinya.

Gadis itu mengaku tertekan oleh foto-foto yang diambil sang dokter, saat sang gadis tak mengenakan celana dalam. Foto-foto itu diambil sebelum ia menjalani prosedur untuk menghapus bekas luka di paha bagian kirinya.

Pengadilan Disiplin (DT) dari SMC, sebegaimana diberitakan Asiaone dan dikutip singapuraterkini.com, mengadakan penyelidikan sidang disipliner pada bulan Oktober dan menemukan tindakan Dr Huang telah melanggar kode etik dan pedoman.

Sang dokter dinilai telah lalai untuk mengobati pasien dengan sopan, pertimbangan, kasih sayang, dan rasa hormat, atau untuk melindungi privasinya selama pemeriksaan.

Dokter Martin Huang juga dinilai lalai menginformasikan dan memberikan informasi yang memadai kepada pasien, sehingga memungkinkan dia untuk membuat pilihan informasi dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan perawatannya.

Ketika penyelidikan dimulai pada 5 Oktober, ahli bedah plastik ini mengaku tidak bersalah atas tuduhan dan memilih untuk mengklaim ‘pengadilan’ itu.

Namun, ia kemudian mengaku bersalah atas tuduhan pertama, dengan tuduhan kedua dipertimbangkan untuk hukuman ketika sidang dilanjutkan pada 28 Oktober

Pengadilan Disiplin memerintahkan Dokter Martin Huang untuk membayar 70 persen dari biaya yang terkait dengan proses, termasuk biaya pengacara untuk mengadu ke SMC.

Dia juga diperintahkan untuk memberikan perjanjian tertulis kepada SMC yang mengatakan ia akan menjauhkan diri dari setiap perbuatan yang sama.

Pihak Singapore Medical Council mengatakan, hukuman kepada Dr Huang dimaksudkan untuk mencegah kesalahan serupa dan untuk menegakkan kepercayaan dan menghormati masyarakat terhadap profesi medis. (nto)

Penulis: harismanto
Editor: harismanto
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help