Harapan Cabor Sepakbola Riau Kandas untuk Tampil di PON 2016

Harapan Cabor Sepakbola Riau untuk tampil di PON XIX 2016 di Jawa Barat pupus

Harapan Cabor Sepakbola Riau Kandas untuk Tampil di PON 2016
NET
ILUSTRASI 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru: Rino Syahril

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Harapan cabang olahraga (cabor) Sepakbola Riau untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat pupus sudah.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PON 2016 di Bandung disepakati bahwa Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera termasuk seleksi PON untuk cabor Sepakbola. Padahal dalam laga penentu di Porwil Bangka Belitung, tim sepakbola Riau kalah melawan kesebelasan Sumatera Utara.

Dalam Rakornas PB PON bersama seluruh KONI se Indonesia dan juga dihadiri Ketua Umum KONI Pusat di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016) lalu diputuskan untuk cabor sepakbola Pra PON nya akan dilaksanakan di Bandung. Tapi untuk Sumatera Pra PON nya adalah Porwil di Bangka Belitung.

"Jadi pada Pra PON sepakbola nanti wilayah Sumatera tidak ikut, karena Porwil sudah diakui seleksi PON. Sedangkan daerah di luar Sumatera akan mengikuti Pra PON Sepakbola nantinya," ujar Ketua Umum KONI Riau Emrizal Pakis kepada Tribun, Minggu (24/1).

Keputusan tersebut memang sedikit mengecewakan bagi Riau. Pasalnya Riau masih ingin pada olahraga masyarakat itu Kesebelasan Riau bisa tampil di PON 2016.

"Memang kita sedikit kecewa, karena peluang kita agar Sepakbola bisa tampil di PON sudah pupus. Sebelumnya kita masih berharap agar bisa tampil, walaupun kita gagal di Porwil, tapi dalam Rakornas diputuskan wilayah Sumatera tidak ikut Pra PON Sepakbola lagi," ucap Emrizal.

Pada Porwil Sumatera di Bangka Belitung, awalnya tim dibawah asuhan Pelatih Phileps Hansen tampil dengan mengejutkan karena berhasil mengalahkan Kesebelasan Sumatera Barat (Sumbar) dengan skor 3-1. Selanjutnya di laga kedua Tim asuhan Philep kembali meraih kemenangan melawan kesebelasan Kepulauan Riau (Kepri) dengan skor 1-0.

Hasil itu cukup membanggakan, karena Riau memimpin klasmen sementara. Namun di laga ketiga Riau mengalami kekalahan melawan Aceh dengan skor tipis 2-1.

Pada laga penentu Tim asuhan Philep Hansen melawan Kesebelasan Sumatera Utara (Sumut), di laga itu Riau kalah dengan skor 2-1.

Di mana baru 14 menit permaian, pemain Sumut Indra Kelana berhasil membobol gawang Riau. Kemudian di menit ke-44 mantan pemain binaan Medan Soccer dan PS Deli Putra kembali membobol gawang Riau. Sehingga babak pertama usai skor 2-0 untuk Sumut.

Pada babak kedua, Sumut mulai mengendurkan permainan. Hal ini dimanfaatkan Riau untuk memperkecil ketinggalan. Pada menit ke-70, Yoga Kusnanda melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit pun memberikan hadiah penalti bagi Riau. M Firdaus yang bertindak sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya. Skor berubah menjadi 2-1 hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Baca selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Rino Syahril
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved