Hotline Public Service

Bagaimana Proses Pengambilan Darah di PMI?

begini cara dan proses pengambilan darah di PMI.

Bagaimana Proses Pengambilan Darah di PMI?
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Zul Indra.

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Sejumlah pertanyaan diterima Tribun Pekanbaru dalam rubrik cetak Hot Line Publik Service, lewat SMS di nomor 0811766616. Berikut di antara pertanyaan, beserta jawabannya:

Pertanyaan:

Selamat Pagi Bun. Bun tolong tanyakan ke PMI. Bagaimana proses pengambilan darah diPMI: 1. Jika kita membawa donor pengganti. 2. Jika kita tdk membawa donor pengganti.3. Kita sudah membawa surat untuk mengambil di Bank Darah dari RS. Berapa kita harusmembayar uang penggantinya?

Dari: +6281276059xxx

Jawaban:

Selamat pagi kembali. Proses permintaan darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekanbaru sama antara membawa donor pengganti dan tidak membawa donor pengganti.

Namun alangkah baiknya masyarakat yang meminta darah tersebut membawa donor pengganti. Hal ini sangat berfungsi untuk menjaga ketersediaan stok darah di PMI.

Walau demikian, jika tak ada donor pengganti dan masih ada stok darah yang dibutuhkan, pihak UDD PMI Pekanbaru akan tetap memberikan darah yang dibutuhkan.

Bagi warga yang melakukan permintaan darah, syaratnya adalah sampel darah dan formulir permintaan dari rumah sakit. Setiap warga yang meminta darah ke UDD PMI Pekanbaru akan dikenakan Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD), baik itu membawa donor pengganti maupun tidak.

BPPD ini meliputi beberapa hal, diantaranya adalah pemeriksaan golongan darah,pemeriksaan infeksi menular lewat transfusi darah, pemeriksaan uji silang serasi, pengolahan darah dan lainnya.

Jadi, warga yang melakukan permintaan darah di UDD PMI Pekanbaru, bukan untuk membayar darah yang diambil, melainkan dikenakan Biaya Pengganti Pengolahan Darah. Sekian informasinya, terima kasih.

Zulkifli S
Sekretaris PMI Kota Pekanbaru

Penulis:
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved