Hati-hati, Uang Palsu Beredar di Siak

Bahannya serasa kertas HVS, tampaknya uang itu hanya diprint out pelaku. Sebab, guntingan pinggiran uang masih menyisakan warna putih kertas HVS.

Hati-hati, Uang Palsu Beredar di Siak
tribunPekanbaru/Mayonal Putra
Dua lembar uang pecahan Rp 50 ribu, yang hanya diprint out dari kertas biasa beredar di warung Winarsih, di pusat kuliner tepian sungai Siak, Rabu (29/6/2016). 

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Mayonal Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Uang palsu beredar di Siak. Adalah Winarsih, pemilik warung Harmony, di kawasan Turap, Siak Sri Indrapura yang mendapati adanya pelanggan yang membayar jajanan dengan uang palsu pecahan Rp 50 ribu.

Saat menerima uang dari pelanggan, Rabu (29/6/2016) malam, tidak mengetahui kalau uang itu palsu. Setelah pelanggannya pergi, barulah diketahui bahwa uang itu palsu.

"Dia duduk dua pasang cowok-cewek, belanjanya Rp 94 ribu. Saat saya terima uang itu, saya tak tahu itu uang palsu. Saya mau memberikan kembalian uangnya Rp 4 ribu, tiba-tiba orang itu bilang tidak usah, sambil mendekati sepeda motornya," ujar Winarsih, Kamis (30/6/2016) malam.

Setelah empat orang pelanggannya berlalu, barulah Winarsih mengetahui keanehan uang itu. Selain kertasnya serasa kertas HVS, tampaknya uang itu hanya diprint out pelaku. Sebab, guntingan pinggiran uang masih menyisakan warna putih kertas HVS.

"Saya terawang dan diusap sama anak saya, iya itu uang palsu. Saya kecewa, kok tega sekali orang itu gunakan uang palsu. Melihat saya kecewa, anak saya justru menggantinya dengan uang asli Rp 100 ribu," ujar dia.

Ciri-ciri orang yang menggunakan uang palsu di warung itu juga tidak terlalu diketahui Winarsih. Yang jelas, laki-laki menggunakan sepeda motor Yamaha RX King tanpa nomor polisi.

Hingga saat ini, baru pecahan Rp 50 ribu sebanyak 2 lembar uang palsu yang ditemukan di warung Winarsih. Pihaknya juga tidak terlalu reaktif terhadap peredaran uang palsu tersebut.

"Mudah-mudahan pelakunya ditangkap polisi, gitu aja," kata dia.(*)

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Pekanbaru edisi BESOK. Simak lanjutannya di www.tribunpekanbaru.com. Ikuti Video Berita di www.tribunpekanbaru.com/video

FOLLOW Twitter @tribunpekanbaru dan LIKE Halaman Facebook: Tribun Pekanbaru

Penulis: Mayonal Putra
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help