TribunPekanbaru/

Citizen Report

GenBI Riau Gelar Penanaman Ratusan Pohon di Meranti Pandak

Adapun puncak dari kegiatan ini dilaksanakan aksi penanaman ratusan pohon pada 17 Desember 2016 di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir

GenBI Riau Gelar Penanaman Ratusan Pohon di Meranti Pandak
Foto/Istimewa
Aksi penanaman ratusan pohon GenBI pada 17 Desember 2016 di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir sekaligus pembagian hadian kepada pemenang Lomba Instagram Contest Satukan Aksi Menuju Riau bersih. 

Oleh: M Fadli Ikhsan
Anggota Divisi Infokom GenBI Riau

KOMUNITAS Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia Provinsi Riau atau yang di kenal dengan GenBI (Generasi Baru Indonesia) Riau ikut menyelenggarakan kegiatan “Bersih Indonesia” yang serentak di laksanakan oleh beberapa GenBI secara nasional. GenBI Riau mengangkat tema “Riau Bersih, Ayo Menginspirasi.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 9-17 Desember 2016 dengan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan “Riau Bersih, Ayo Menginspirasi diisi dengan kegiatan mulai dari Workshop Daur Ulang Sampah, Edukasi Lingkungan, Aksi Peduli Sampah Pekanbaru dan Penanaman Pohon. Di sela-sela rangkaian kegiatan tersebut juga di adakan perlombaan Instagram Video Contest dengan tema “Satukan Aksi Menuju Riau Bersih.

Kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang berbeda untuk kegiatan daur ulang sampah di laksanakan di daerah Kelurahan Tangkerang Utara, Pekanbaru, melibatkan ibu-ibu PKK setempat diisi dengan pembuatan lampu hias dari barang bekas. Keesokan harinya, pada 10 Desember dilaksanakan Edukasi Lingkungan berupa pembuatan kran cuci tangan, edukasi cuci tangan yang bersih dan bersih-bersih lingkungan sekolah yang bertempat di SDN 007 Rimbo Panjang Kabupaten Kampar.

Satu hari setelah acara tersebut, dilanjutkan aksi peduli sampah pekanbaru berupa pembuatan tong sampah dan pengadaan tong sampah di beberapa titik di Kota Pekanbaru. Selain itu, juga diadakan sosialisasi peduli sampah di acara Car Free Day Pekanbaru.

Adapun puncak dari kegiatan ini dilaksanakan aksi penanaman ratusan pohon pada 17 Desember 2016 di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir sekaligus pembagian hadian kepada pemenang Lomba Instagram Contest “Satukan Aksi Menuju Riau bersih.

Di acara puncak “Riau Bersih, Ayo Menginspirasi” tersebut dihadiri pihak Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Achmad Perkasa Subarkah (Asisten Direktur) beserta pegawai, perwakilan Kecamatan Rumbai Pesisir, Lurah Meranti Pandak, RT/RW setempat dan siswa/si SDN 065 Pekanbaru.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar kawasan Rumbai Pesisir menjadi lebih rimbun dan buah yang dihasilkan dari bibit pohon tersebut nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga setempat dan memupuk rasa cinta terhadap lingkungan pada anak usia dini. Dengan diadakan puncak kegiatan tersebut, maka berakhirlah seluruh rangkaian kegiatan “Riau Bersih, Ayo Menginspirasi.

Harapannya dengan kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat kita bersama untuk menjaga dan peduli dengan lingkungan sekitar. Mengajak dan menyadarkan masyarakat bahwa peran pelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah setempat, namun juga tanggung jawab masing-masing individu dan harapannya Riau bersih dan Pekanbaru bebas sampah dapat terwujud ke depannya, mengembalikan citra Pekanbaru sebagai kota bersih yang memperoleh piala Adipura beberapat tahun silam. (*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help