TribunPekanbaru/

Fenomena Menarik Terkait Uang Kertas Baru

Perlu diingat juga target pemerintah untuk besaran inflasi pada 2017 adalah tidak jauh berbeda dengan 2016, dengan demikian tidak ada lonjakan inflasi

Fenomena Menarik Terkait Uang Kertas Baru
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustari 

Oleh: DR H Irvandi Gustari
Direktur Utama PT Bank Riau Kepri

BANYAK fenomena yang unik dirasakan pada situasi krisis global ini. Bahkan klakson oto bus saja, bisa dijadikan bahan polemik yang hangat seperti “om telolet om”.

Ketika Bank Indonesia meluncurkan uang kertas baru, itupun dijadikan polemik dengan berbagai opini bermunculan atas keluarnya uang baru tersebut.

Terkait dengan uang kertas baru ini yang yang dipolemikan justru kearah sikap sinis atas keluarnya uang kertas baru tersebut. Entahlah, pertanda apa ini, niat pemerintah melalui Bank Indonesia dengan niat yang sangat baik dan didukung dengan aturan yang jelas terkait pencetakan uang, tetap saja masih ada pihak-pihak yang mempolemikkan sehingga masyarakat jadi bingung.

Ada yang mempertanyakan tentang desain uang kertas baru, kok mirip dengan uang kertas negara lain, dan ada juga yang mempertanyakan, apakah langkah ini merupakan untuk menambah uang atau kekayaan negara yang lagi berjuang menghadapi krisis global, dan juga ada yang berpandangan negatif , terkait dengan proyek pengadaan yang kertas baru tersebut.

Ya ini memang negara demokrasi, namun rasanya pihak pemerintah tentunya tidaklah segegabah itu dalam menerbitkan uang kertas baru. Ada aturan baku dan atura main yang sangat jelas, serta tidak mungkinlah pihak rezim yang lagi berkuasa, mempertaruhkan harkat dan martabatnya terkait pencetakan uang kertas baru ini.

Rencana dan niat baik dari pihak pemerintah melalui Bank Indonesia ini terkait pencetakan uang kertas baru ini, sepatutnya kita berikan apresiasi, dimana justru dengan uang kertas baru ini, kita jauh lebih aman.

Pada uang kertas baru ini pengamanannya berlapis, sehingga kita akan lebih aman dan nyaman akan adanya aksi uang palsu.

Uang kertas desain lama memang sudah masuk pada umurnya untuk diganti dan kecanggihan dari mafia uang palsu tentunya telah menjadi catatan tersendiri bagi Bank Indonesia dalam mendesain uang kertas baru ini.

Untuk melakukan hitung-hitungan cetak uang kertas baru ini, tentunya pihak Bank Indonesia sudah melakukan pola perhitungan yang akurat dan bertanggung jawab, dimana bilamana salah hitung, maka akan terjadi lonjakan tingkat inflasi yang besar, dan diperoleh bukannya manfaat tapi mudarat.

Halaman
12
Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help