TribunPekanbaru/

Engsel Pintu Berdecit, Perbaiki dengan 5 Langkah Pintar Ini

Suara berdecit dari engsel pintu kadang membuat geram dan bingung harus apa? Nah ikut saja 5 langkah pintar memperbaiki engsel pintu ini!

Engsel Pintu Berdecit, Perbaiki dengan 5 Langkah Pintar Ini
Idea Online

Penulis: Maulina Kadiranti, Idea Online

TRIBUNPEKANBARU.COM - Suara berdecit dari engsel pintu kadang membuat geram dan bingung harus apa? Nah ikut saja 5 langkah pintar memperbaiki engsel pintu ini!

Untuk memperbaiki engsel pintu yang berdecit  sebenarnya caranya sangat mudah. Hanya memerlukan pelumas untuk perbaikinya. Selain melicinkan, pelumas juga menghilangkan noda yang melekat sehingga pintu dapat membuka-menutup dengan mudah. Bagi Anda yang memiliki masalah pada pintu berengsel kupu-kupu simak tips berikut:

1. Keluarkan pin dari lubang engsel, tempatkan obeng bermata datar pada celah antara engsel dan kepala sekrup. Pukul pangkal obeng dengan palu hingga sekrup tercongkel keluar.

2. Lumasi lubang pin, setelah pin dikeluarkan, bersihkan bagian dalam lubang dengan kain lalu lubrikasi dengan pelumas grafis atau minyak mesin jahit.

3. Bersihkan dan lumuri pin dengan minyak, lap pin dengan kain, lalu lumuri dengan minyak tersebut di atas. Ganti pin engsel bila menunjukkan tanda-tanda kerusakan seperti, aus atau telah sangat berkarat.

4. Pasang kembali pin ke lubang engsel, masukkan kembali elemen-elemn yang telah dibongkar sesuai urutan mekanisme pemasangan.

5. Kencangkan sekrup pada kaki engsel, selain membenahi pin engsel, perbaiki pula sekrup-sekrup yang ada pada kaki engsel. Cari obeng minus atau kembang yang sesuai dengan sekrup yang terpasang lalu kencangkan.

6. Bersihkan engsel, setelah semua dicek dan dipasang kembali bersihkan keseluruhan engsel Anda.

Nah gampang kan caranya? Yuk coba sendiri 5 langkah pintar m emperbaiki engsel pintu yang berdecit.

Tags
Pintu
rumah
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help