TribunPekanbaru/

Rapikan Rumah dengan 6 Langkah Mudah Ini

Kerapian rumah adalah salah satu kunci kenyamanan rumah. Rumah yang rapi bukan sekadar karena penghuninya rajin merapikan rumah.

Rapikan Rumah dengan 6 Langkah Mudah Ini
Idea Online
Ilustrasi 

Penulis: Fransisca Wungu, Idea Online

TRIBUNPEKANBARU.COM - Kerapian rumah adalah salah satu kunci kenyamanan rumah. Rumah yang rapi bukan sekadar karena penghuninya rajin merapikan rumah. Lebih jauh lagi, rumah yang rapi tidak akan terwujud tanpa pengelolaan penyimpanan barang yang baik.

Kebiasaan menyimpan barang yang tidak teratur yang berlangsung bertahun-tahun membuat rumah sulit menjadi rapi. Barang jadi bertumpuk, yang mengganggu pandangan, sekaligus membuatnya sulit ditemukan saat dibutuhkan.

Merapikan rumah dapat dilakukan dengan mudah. Yang harus dipikirkan adalah bagaimana memulainya. Berikut 6 langkah untuk merapikan rumah dengan mudah.

1. Pertama yang harus dilakukan saat merapikan rumah adalah pilih dan pilah barang-barang yang Anda miliki dengan dikategorikan sesuai tingkat kepentingan, seberapa sering dipakai, dan berdasarkan ukuran. 

2. Setelah itu, kelompokkan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi.  Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, dibagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai.

3. Saat merapikan rumah, pisahkan barang-barang dalam ukuran besar dari pernak pernik yang kecil. Sementara barang-barang yang tidak dipakai lagi, dapat dialihkan dengan cara didonasikan, dijual sebagai barang second hand , atau didaur ulang.

4. Barang-barang yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sebaiknya disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat, atau tempat penyimpanan barang yang transparan. 

5. Untuk barang-barang yang jarang digunakan, setelah dipilah sesuai kategori dapat diletakkan di dalam kotak penyimpanan dengan bentuk penutup yang mudah untuk ditumpuk agar hemat tempat. Pastikan kotak penyimpanannya memiliki pegangan agar mudah dibawa saat Anda membutuhkan barang yang ada di dalamnya.

6. Ketika merapikan rumah, mulailah dari hal kecil, dan lakukan sedikit demi sedikit, secara bertahap dimulai dari satu ruang ke ruang berikutnya. Lambat laun, seluruh ruangan di rumah Anda akan terus tertata rapi.

Agar kegiatan merapikan rumah menjadi lebih seru, ajak seluruh keluarga Anda. Lakukan saat akhir pekan, dan pastikan kegiatan merapikan rumah ini dilakukan dalam suasana yang ceria.

Sumber: IKEA

Tags
rumah
tips
Editor: Ariestia
Sumber: Idea
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help