TribunPekanbaru/

Kadisnakbun Rohul Sebut Virus Jembrana Sudah Mulai Menghilang

Diakuinya, masyarakat sempat panik ketika sapinya terindikasi virus jembrana, padahal virus tersebut bisa

Kadisnakbun Rohul Sebut Virus Jembrana Sudah Mulai Menghilang
Tribun Pekanbaru/ Donny Putra
Sri Hardono 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Donny Putra

TRIBUNPEKANBARU.COM, PASIRPANGARAIAN - Virus Jembrana yang masih menyebar di Rokan Hulu (Rohul) sudah berangsur Hilang, hal tersebut di ungkapkan oleh kepala dinas Peternakan dan perkebunan (Disnakbun) Sri Hardono, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (13/3/2017) Komplek Bina praja.

Ia menambahakan, virus Jembrana hanya menyerang sapi jenis Bali, dan telah menewaskan ribuan sapi di Rohul,‎ bahkan sempat menjadi kehawatiran sejumlah peternak di Rohul.

"Tapi sekarang sudah berangsur mulai hilang, tidak seperti pada akhir 2016 lalu, sapi yang mati begitu banyak akibat virus jembrana tersebut," katanya.

Diakuinya, masyarakat sempat panik ketika sapinya terindikasi virus jembrana, padahal virus tersebut bisa disembuhkan, tidak harus langsung dijual dengan harga begitu murah yang menyebabkan peternak merugi.

Lebih lanjut dijelaskanya, bagi sapi yang terindikasi terserang virus jembrana harus segera di obati dan dikandangkan, hal ini dilakukan agar virus tidak menyebar ke sapi yang lain.

"Kita sempat kurang kontrol, karna setelah diobati banyak peternak melepaskan sapinya ke padang rumput, sehingga sapi lain tertular melalui air liur yang berada di rumput yang pernah ia makan, padahalkan harus dikandangkan dulu," imbuhnya.

Untuk itulah, bagi para peternak yang ada di Rohul jika sapinya terindikasi Jembrana, jangan langsung di jual dengan harga murah, karna penyakit tersebut bisa diatasi dan diobati. Segera laporkan kepada pihaknya jika terindikasi.

"Saya juga menghimbau kepada masyarakat, jangan mau ditakut-takuti oleh belantik yang mau membeli sapi dengan harga murah, karna sapi yang terindikasi tidak langsung mati," imbuhnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help