TribunPekanbaru/

Laki-laki Muslim Harus Fasih Baca Alquran

Persiapan diri menjadi dewasa ala anak muda Islam. Di Pekanbaru, kini banyak anak muda yang berkonsentrasi belajar tahsin di masjid dan di mushalla.

Laki-laki Muslim Harus Fasih Baca Alquran
TRIBUNPEKANBARU.COM/NOLPITOS HENDRI

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Nolpitos Hendri

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Laki-laki di dalam Islam ketika sudah dewasa akan menjadi imam bagi istrinya, dan akan menjadi imam di dalam shalat bagi keluarga dan saudaranya. Satu syarat menjadi imam shalat itu adalah fasih hafalan bacaan Alquran-nya. Fasih yang dimaksud adalah ketepatan menyebut setiap huruf dalam Alquran, karena salah menyebut satu huruf saja akan berbeda artinya. Selain itu, juga fasih dalam tajwidnya.

Sebagai anak muda Islam, di zaman teknologi yang semakin maju ini, mereka tetap membudayakan belajar Alquran, terutama memperbaiki bacaan Alquran atau disebut dengan tahsin Alquran. Selain bersiap menjadi imam, juga untuk bisa menghafal Alquran lebih baik. Khususnya di Pekanbaru, kini banyak anak muda yang berkonsentrasi belajar tahsin di masjid dan di mushalla.

Di antara anak muda itu adalah Nadi, Rafki, Fadhil dan Prayogo.

Nadi

Nadi kepada Tribunpekanbaru.com pada Minggu (19/3/2017) menyebutkan, sebagai seorang laki-laki baginya penting memperbaiki bacaan Alquran-nya. Walau ia sudah mampu membaca Alquran, namun ia belum fasih menyebut huruf satu demi satu sesuai dengan tempat keluar huruf tersebut pada aslinya.

“Sebuah kewajiban bagi saya untuk memperbaiki bacaan Alquran saya, karena saya akan menjadi imam bagi keluarga dan kaum muslim lainnya. Untuk itu, saya belajar tahsin, dan banyak anak muda seumuran saya yang juga belajar tahsin,” ungkap Nadi.

Anak muda Islam lainnya yang juga sedang belajar tahsin Alquran adalah Alep. Alep belajar tahsin karena sekarang ia melihat banyak anak muda Islam yang tidak tertarik kepada Alquran, padahal Alquan adalah petunjuk dan pedoman hidup manusia, dan kalau belajar Alquran mendapat pahala di sisi Allah SWT.

“Saya belajar tahsin Alquran karena bacaan Alquran saya yang kurang fasih, maka perlu diperbaiki agar saya bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Saya juga ingin menghafal Alquran maka harus benar bacaannya, supaya bisa jadi imam nantinya,” ungkap Alep. (nol)

Rafki

Halaman
12
Penulis: Nolpitos Hendri
Editor: Ariestia
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help