TribunPekanbaru/

BEM UIN Suska Riau Gelar Rembuk Desa di Kelurahan Melebung

Rembuk desa merupakan musyawarah yang dilakukan bersama tokoh masyarakat agar mereka menyampaikan suara atau keluh kesahnya terkait kondisi masyarakat

BEM UIN Suska Riau Gelar Rembuk Desa di Kelurahan Melebung
Foto/Istimewa
BEM UIN Suska Riau melalui Kementerian Pengembangan Desa Mitra melakukan kegiatan rembuk desa di Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru pada Kamis (23/3/2017) pukul 14.00 WIB. 

Laporan: Rudi Aspriyanto
Kepala Biro Komunikasi & Informasi BEM UIN Suska Riau

BEM UIN Suska Riau melalui Kementerian Pengembangan Desa Mitra melakukan kegiatan rembuk desa di Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru pada Kamis (23/3/2017) pukul 14.00 WIB.

Rembuk desa merupakan musyawarah yang dilakukan bersama tokoh masyarakat agar mereka menyampaikan suara atau keluh kesahnya terkait kondisi masyarakat desa sehingga Kementerian Desa Mitra mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada di desa yang dilakukan di Balai Desa atau Lapangan Desa sebagai tempat berkumpulnya masyarakat desa.

Kegiatan ini dihadiri Presma UIN Suska Insanul Kamil, Hasanudin selaku Menteri Koordinator Kemasyarkatan, Okta Albeni selaku Menteri Advomas dan beberapa staff dari Kementerian yang ada di BEM UIN Suska Riau.

Kunjungan ini disambut tokoh-tokoh masyarakat seperti RT, RW, Ketua Karang Taruna, Ketua PKK, dan staff Kantor Kelurahan Melebung.

Kunjungan ini bertujuan untuk membahas tentang program kerja Kementerian Desa Mitra selama satu tahun periode yang akan datang.

Dari kegiatan ini didapatlah beberapa pokok pembahasan mengenai permasalahan-permasalahan apa saja yang ada di Kelurahan Melebung sehingga Kementerian Desa Mitra dapat menambah program kerja selain yang di tawarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dari kegiatan tersebut diketahui bahwa masyarakat Kelurahan Melebung sangat membutuhkan pembinaan agar menjadi desa yang maju.

Dari kegiatan rembuk desa ini didapatlah bahwa Kementerian Desa Mitra menawarkan 4 program kerja yang akan dilakukan selama 1 tahun kedepan, diantaranya ialah:

1. Gerakan Suska Pintar : Bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar anak-anak di Kelurahan Melebung. Kegiatan ini menargetkan berdirinya perpustakaan mini dan tempat belajar.

2. Suska Berkebun : Gerakan untuk mensejahterakan petani desa, dengan cara memberikan pelatihan kepada petani. Gerakan yang akan diberikan ialah pembuatan pupuk organik, agrowisata tanaman dan pembuatan hidroponik sederhana.

3. Suska Kreatif : Merupakan kegiatan pembinaan kreativitas pada ibu-ibu dan pemuda/i sehingga bisa membangun ekonomi masyarakat. Gerakan ini seperti, Daur Ulang Limbah, Inovasi Produk Makanan, Mesin Tetas Telur dan Pembuatan Pakan Ternak Organik.

4. Gerakan Suska Sehat : Gerakan untuk mengakarkan warga desa untuk pola hiduo sehat. Gerakan yang diberikan seperti senam jasmani, kerja bakti dan penyediaan obat gratis.

"Kementerian Desa Mitra akan melakukan pembinaan di Kelurahan Melebung tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bekerja sama dengan Kementerian Advomas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Samsul Bahri Dalimunthe, Menteri Pengembangan Desa Mitra BEM UIN Suska. (*)

Editor: harismanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help