Kampar

392 THL Satpol PP dan Damkar Kampar Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Seluruh pekerja, termasuk non-ASN wajib mendaftarkan diri ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan

392 THL Satpol PP dan Damkar Kampar Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Foto/net
BPJS Ketenagakerjaan

Laporan wartawan Tribun Pekanbaru, Nando

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Tenaga Harian Lepas (THL) atau bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kampar sudah dapat memanfaatkan fasilitas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kartu BPJSTK diserahkan kepada seorang personil perwakilan 392 personil dalam apel di halaman Kantor Satpol PP Kampar, Senin (17/4/2017). Bukti kepesertaan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor BPJSTK Pekanbaru Panam, Eko Wisnu Prihartono didampingi Kepala Kantor Cabang Pembantu BPJSTK Kampar, Dodi Praman.

Penyerahan disaksikan oleh Kepala Satpol PP Kampar, M. Jamil. Wisnu mengatakan, fasilitas BPJSTK sangat berguna bagi personil Satpol PP dan Damkar. Mengingat resiko kerja yang dimiliki.

"Dengan terdaftarnya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, supaya dalam bekerja tidak terlalu was-was akan risiko," kata Wisnu. Di samping itu, ia menjelaskan, kepesertaan non-ASN pada program BPJS juga telah diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011.

"Seluruh pekerja, termasuk non-ASN wajib mendaftarkan diri ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan," tandas Wisnu. Ia berharap, seluruh non-ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar didaftarkan dalam perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) melalui BPJSTK.

"Kami juga wajib mendaftarkan seluruh personil non-ASN," kata Wisnu. Ia mengungkapkan, Satpol PP dan Damkar menambah daftar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Kampar yang telah mendaftarkan pegawai non-ASN menjadi peserta BPJSTK.

Sebelumnya, Wisnu menyebutkan, beberapa OPD telah mendaftar. Di antaranya, petugas kebersihan, THL pada Sekretariat Daerah serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. (*)

Penulis: nando
Editor: M Iqbal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help