TribunPekanbaru/

Baru Lima Sekolah di Kampar Siap UNBK, Disdikpora Sebut Terkendala Fasilitas

Menurut dia, kekhawatiran paling besar berasal dari peserta didik yang belum siap dengan perubahan.

Baru Lima Sekolah di Kampar Siap UNBK, Disdikpora Sebut Terkendala Fasilitas
TribunPekanbaru/TheoRizky
Sejumlah murid tengah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016 di SMPN 1 Pekanbaru, Senin (9/5/2016). Terdapat dua SMP di Kota Pekanbaru yang sudah menerapkan UNBK untuk pertama kalinya, yaitu SMP Cendana Rumbai dan SMPN 1 sendiri. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 untuk tingkat SMP/MTs baru bisa dilaksanakan di lima sekolah. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kampar mengakui jumlah sekolah pelaksana itu masih sangat minim.
Kepala Disdikpora Kampar, M. Yasir melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Nila Sukmawati mengungkapkan, ketersediaan komputer di sekolah masih terbatas. Di samping itu, ada juga sekolah yang belum benar-benar berani melaksanakan UNBK.

Menurut dia, kekhawatiran paling besar berasal dari peserta didik yang belum siap dengan perubahan. "Sebenarnya, Kepala Sekolah kita mendukung. Apalagi, (UNBK) bukan lagi menjadi penentu kelulusan," kata Nila, Senin (17/4/2017). Ia menjelaskan, sekolah di Kampar menyadari UNBK bisa meningkatkan kualitas peserta didik.

Nila menuturkan, sekolah harus meningkatkan kualitasnya. Dengan begitu, kualitas peserta didik juga akan ikut meningkat. Sehingga dunia pendidikan di Kampar semakin maju.

Menurut Nila, sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini merupakan sebuah prestasi. Ia berharap, sekolah lain termotivasi untuk melaksanakan UNBK tahun depan. "Masa sekolah yang jauh bisa, sekolah kami yang dekat juga harus bisa," ujarnya.

Nila mengatakan, kelima sekolah yang telah mampu melaksanakan UNBK memanfaatkan sumber daya dimiliki. "Mereka swadaya sendiri. Sekolah mendukung, orang tua melalui komite juga berpartisipasi," katanya.

Menurut dia, pada UNBK tahun depan, kelima sekolah bisa dijadikan percontohan. Pihaknya akan gencar mensosialisasikan UNBK ke seluruh SMP/MTs. Ia menargetkan, setidaknya 50 persen dari jumlah sekolah sudah mampu melaksanakan UNBK 2018. (*)

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help