Hakim Pengadilan Bangkinang Tolak Kasus Kehutanan Johannes Sitorus

Majelis menyatakan kewenangan Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan penuntutan telah gugur karena perkara

Hakim Pengadilan Bangkinang Tolak Kasus Kehutanan Johannes Sitorus
Internet
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM, BANGKINANG - Majelis hakim Pengadilan Negeri Bangkinang menggugurkan penuntutan terhadap Johannes Sitorus. Hakim memerintahkan yang bersangkutan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Bangkinang. Ia bebas setelah Hakim Pengadilan Negeri Bangkinang membacakan putusan sela, Selasa (18/4/2017).

Putusan dibacakan oleh Ketua PN Bangkinang, M. Arif Nuryanta selaku Ketua Majelis Hakim, Wakil Ketua PN, Rudito Surotomo dan Ferdian Permadi masing-masing sebagai hakim anggota.

"Memerintahkan terdakwa Johannes Sitorus dibebaskan dari tahanan segera setelah putusan ini diucapkan," tegas majelis hakim dalam amar putusannya.

Majelis menyatakan kewenangan Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan penuntutan telah gugur karena perkara ini kadaluarsa. Hakim menerima keberatan dari terdakwa.

Johannes didakwa menguasai kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Tesso Nilo di Desa Kepau Jaya Kecamatan Siak Hulu seluas 550,16 hektare tanpa izin Menteri Kehutanan. Namun, ia telah mengantongi Sertifikat Hak Milik (SHM) terhadap lahan yang ditanami Kelapa Sawit itu. (*)

Penulis: nando
Editor: Raya Desmawanto Nainggolan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help