Agar Sukses Wawancara Kerja Ini Harus Anda Lakukan

Wawancara kerja bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab saat itu Anda harus mempromosikan kelebihan Anda dengan cara yang tepat

Agar Sukses Wawancara Kerja Ini Harus Anda Lakukan
Tribunnews/foto
ilustrasi wawancara kerja 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Wawancara kerja bisa dikatakan gampang-gampang susah, sebab saat itu Anda harus mempromosikan kelebihan Anda dengan cara yang tepat agar perusahaan tertarik menerima Anda.

Menurut seorang pakar tempat kerja nasional, Lynn Taylor, pertanyaan mengapa perusahaan tersebut harus mempekerjakan Anda adalah pertanyaan yang baik untuk membuat kesepakatan dan Anda bisa berikan jawaban terbaik.

“Anda bisa menjawabnya, bahwa perusahaan membutuhkan X, dan Anda adalah orang yang terbaik untuk pekerjaan tersebut karena Y,” kata Lynn.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Lynn pun memberikan lima jawaban pamungkas lainnya, sebagai berikut.

Dengarkan arahan dari pewawancara

Sebaiknya Anda perhatikan betul apa saja persyaratan yang diberikan perusahaan dan cari yang sesuai dengan latar belakang Anda.

“Setelah memastikan Anda memiliki persyaratan tersebut, tunjukkanlah kemampuan Anda,” kata Lynn.

Fokus pada tiga hal

Menurut Lynn, ada tiga hal penting. Pertama, berikan penjelasan tentang apa yang pernah Anda lakukan selama ini. Sebaiknya berikan penjelasan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.

Kemudian jelaskan apa saja prestasi yang pernah Anda raih, dan apa saja kemampuan Anda.

Tunjukkan Anda bisa menjadi investasi yang bagus untuk perusahaan.

“Setiap manager ingin diyakinkan, bahwa mereka mendapatkan investasi yang bagus untuk perusahaan,” kata Lynn.

Hal ini bertujuan agar perusahaan terhindar dari risiko mendapatkan pekerja yang kurang bagus. Maka mereka akan memastikan bahwa seseorang yang menguntungkan untuk perusahaan.

Tunjukkan antusiasme Anda

Tidak hanya memberikan jawaban yang bagus, tetapi Anda juga harus menunjukkan rasa antusiasme Anda pada pekerjaan tersebut. Tunjukkan juga bahwa Anda antusias turut memajukan perusahaan.(*)

Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help