TribunPekanbaru/
Home »

Techno

» Apps

Aplikasi ini Bisa Anda Gunakan Untuk Memantau dan Melaporkan Hasil Pilkada DKI

sedikitnya ada tiga aplikasi Android yang bisa dipakai untuk memantau perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat.

Aplikasi ini Bisa Anda Gunakan Untuk Memantau dan Melaporkan Hasil Pilkada DKI
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga melakukan pemilihan ulang Pilkada DKI Jakarta di TPS 29 Kalibata, Pancoran, Jakarta, Minggu (19/2/2017). Sebanyak 2 TPS di DKI Jakarta yaitu TPS 29 Kalibata dan TPS 01 Utan Kayu melakukan pemungutan suara ulang karena terindikasi terjadi pelanggaran saat Pilkada Serentak 2017 Rabu (15/2) lalu. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Pada Rabu (19/4/2017) ini, Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua berlangsung. Selain menyumbangkan suara pada calon pilihannya, masyarakat tentu ingin memantau perolehan suara yang diperoleh masing-masing calon.

Perolehan tersebut antara lain dapat diketahui melalui hasil hitung cepat yang biasanya dimumkan oleh lembaga-lembaga survei. Atau jika ingin lebih mudah, warga DKI juga bisa ikut memantau perolehan suara tersebut melalui sejumlah aplikasi.

Pantauan KompasTekno, sedikitnya ada tiga aplikasi Android yang bisa dipakai untuk memantau perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS) terdekat.

Berikut adalah aplikasi-aplikasi tersebut.

1. Kawal Pilkada

Aplikasi Kawal Pilkada ini dibuat oleh tim pengemban Code4Nation. Pengguna Android bisa langsung mengunduhnya melalui tautan ini, sedangkan pengguna iOS melalui tautan ini. Bila tak ingin memasang aplikasi, Anda juga bisa mengakses situsnya langsung melaui tautan ini.

Aplikasi Kawal Pilkada di Google Play Store(screenshot)
Aplikasi Kawal Pilkada di Google Play Store(screenshot) 

Kawal Pilkada tersebut sebenarnya bukan inisiatif baru. Code4Nation telah membuatnya saat pemerintah menggelar Pilkada serentak 2015 di 269 daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Mereka kemudian memperbaruinya untuk digunakan dalam Pilkada 2017. 

Code4Nation sendiri membuat Kawal Pilkada sebagai sebuah platform crowdsourcing atau beroperasi berdasarkan partisipasi publik.

Para pengguna aplikasi bisa mendaftar sebagai relawan yang bertugas memotret kertas C1 sebagai bukti laporan hasil Pilkada di TPS tertentu. Data dari laporan tersebut nantinya akan dimasukkan ke penghitungan suara.

2. Quick Count Pilkada 2017

Halaman
12
Editor: Teddy Yohannes Tarigan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$video

Filename: articles/video_pilihan.php

Line Number: 18

KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help